Ganggu Kalibrasi Satelit, NASA Protes Keras Penambangan Lithium

Kamis, 29 Juni 2023 - 07:38 WIB
loading...
Ganggu Kalibrasi Satelit, NASA Protes Keras Penambangan Lithium
NASA protes penambangan lithium, bahan baku baterai mobil listrik. FOTO/ NASA
A A A
CALIFORNIA - NASA memprotes penambangan lithium di situs datar gurun Nevada. NASA menilai kawasan itu digunakan untuk mengkalibrasi satelit.



Tapi NASA mengatakan area tersebut sangat diperlukan untuk kalibrasi pengukuran tajam dari ratusan satelit yang mengorbit di atas kepala. Lithium sendiri bahan dasar yang biasa digunakan untuk baterai mobil listrik.

“Aktivitas yang mengganggu integritas permukaan Railroad Valley akan berisiko membuat satelit tidak dapat digunakan,” kata Jeremy Eggers, juru bicara Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, kepada The Associated Press.

Atas permintaan Badan Antariksa tersebut, Biro Pengelolaan Lahan AS telah setuju untuk menarik 36 mil persegi (92 kilometer persegi) dari wilayah timur Nevada berdasarkan inventarisasi lahan federal yang terbuka untuk eksplorasi dan penambangan mineral potensial.

NASA mengatakan sebidang tanah yang panjang dan datar di atas deposit lithium yang belum dimanfaatkan di Nevada’s Railroad Valley telah digunakan selama hampir tiga dekade untuk mendapatkan pengukuran yang tepat agar satelit dan aplikasinya berfungsi dengan baik.

Sifat daerah yang tidak berubah memungkinkan NASA membuat catatan panjang gambar topografi yang tidak terganggu untuk membantu pengukuran jarak yang tepat menggunakan waktu tempuh sinyal radio dan memastikan “kalibrasi radiometrik absolut” dari sensor di satelit.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2881 seconds (0.1#10.140)