Begini Interior Pesawat Ruang Angkasa Virgin Atlantic, Dilengkapi Jendela Besar dan Jok Mewah

Kamis, 29 Juni 2023 - 19:44 WIB
loading...
Begini Interior Pesawat Ruang Angkasa Virgin Atlantic, Dilengkapi Jendela Besar dan Jok Mewah
Virgin Galactic siap untuk penerbangan komersial pertama dari pesawat ruang angkasa Space Ship Two dari Spaceport America di New Mexico pada Kamis 29 Juni 2023. Foto/Virgin Galactic/Space
A A A
NEW MEXICO - Virgin Galactic siap untuk penerbangan komersial pertama dari pesawat ruang angkasa Space Ship Two miliknya. Misi yang dikenal sebagai Galactic 01 akan terbang dari Spaceport America di New Mexico pada Kamis 29 Juni 2023 pukul 11.00 waktu setempat.

Misi ini membawa empat penumpang dan 13 eksperimen untuk mengumpulkan data radiasi medis dan kosmik serta mempelajari dinamika fluida. Keempat awak, adalah Kolonel Walter Villadei, Pantaleone Carlucci, Letnan Kolonel Angelo Landolfi dan Colin Bennett, ditambah dua staf Virgin Galactic.

Menarik untuk melihat interior pesawat Space Ship Two yang diluncurkan mencapai batas ruang angkasa di ketinggian 250.000 kaki (76.200 meter). Space Ship Two memiliki panjang 60 kaki (18 meter) dengan lebar sayap 27 kaki (8,2 meter) yang dirancang dengan interior kabin minimalis.



Dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (29/6/2023), desain interior kabin digambarkan sebagai konsep yang berfokus pada pengalaman yang elegan namun progresif. Space Ship Two memiliki jendela berdiameter 43 dan 33 cm untuk memanjakan penumpang.

Ada juga jendela langit-langit untuk melihat pemandangan luar biasa dari setiap sudut. Semua kursi didesain direbahkan ke belakang saat mendarat untuk mengurangi ketidaknyamanan G-forces.

Bagian depan menampilkan kokpit untuk dua pilot Virgin Galactic untuk menggerakkan pesawat ke tepi angkasa. Di belakang, empat penumpang berada di kursi individu berwarna abu-abu muda yang terbuat dari aluminium dan serat karbon bermutu tinggi.
Begini Interior Pesawat Ruang Angkasa Virgin Atlantic, Dilengkapi Jendela Besar dan Jok Mewah


Setiap kursi memiliki dua jendela pribadi dan beberapa lainnya melapisi interior. Pesawat hanya hanya memiliki ruang penyimpanan untuk eksperimen ilmiah yang akan dilakukan selama penerbangan 90 menit.



Kabin dirancang untuk berintegrasi mulus dengan setiap aspek lain dari perjalanan astronot sekaligus menjadi pusat desain Virgin Galactic. Tujuannya adalah untuk memberikan keamanan tanpa gangguan.

Setiap kursi juga dirancang dengan busa dan kain yang direkayasa menggunakan rajutan 3D yang sama pada setelan penerbangan. Kursi juga dirancang agar sesuai dengan penerbangan, termasuk mekanisme sandaran yang dikendalikan pilot untuk mengelola gaya-G saat dorongan dan selama masuk kembali ke Bumi.

Kabinnya tampak abu-abu tua, sedangkan joknya berwarna abu-abu terang dengan aksen biru di sepanjang sabuk pengaman. Untuk merasakan sensasi penerbangan ke luar angkasa setiap penumpang membayar USD450.000 atau Rp6,75 miliar.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)