63 Hari Hilang Kontak, Helikopter Mars Ingenuity Kembali Jalin Kontak dengan Robot Penjelajah

Senin, 03 Juli 2023 - 16:30 WIB
loading...
63 Hari Hilang Kontak, Helikopter Mars Ingenuity Kembali Jalin Kontak dengan Robot Penjelajah
Helikopter Ingenuity Mars dilaporkan kembali menjalin kontak dengan robot penjelajah Perseverance setelah hilang kontak selama 63 hari. Foto/interesting engineering/NASA
A A A
FLORIDA - Helikopter Ingenuity Mars dilaporkan kembali menjalin kontak dengan robot penjelajah Perseverance setelah hilang kontak selama 63 hari. Kontak terakhir helikopter Ingenuity terdeteksi pada 26 April 2023 setelah mendarat di kawah Jezero di Mars.

Lebih dari dua bulan helikopter Ingenuity Mars tak diketahui kabar dan nasibnya setelah hilang dalam misi penerbangan ke-52. Helikopter Ingenuity kembali menghubungi partnernya, robot rover Perseverance pada 28 Juni 2023.

“Bagian Kawah Jezero yang sedang dijelajahi robot Perseverance dan helikopter Ingenuity memiliki banyak medan terjal. Kondisi ini membuat komunikasi kedua penjelajah Mars terputus,” kata pemimpin tim Ingenuity Josh Anderson, dari Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan, dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (3/7/2023).



Helikopter Ingenuity seberat 1,8 kg menjalani misi penerbangan ke-52 ke kawah Jezero sedalam 363 meter selama 139 detik sebelum hilang kontak. Tujuan utama misi ini untuk mengambil foto sebagai data tim sains Perseverance.

Data penerbangan yang baru diterima menunjukkan bahwa helikopter Ingenuity tetap dalam keadaan sehat. Jika pemeriksaan lebih lanjut mengonfirmasi hal itu, helikopter dapat terbang lagi dalam beberapa minggu ke depan.

Helikopter Ingenuity dan rover Perseverance dirancang untuk misi mengumpulkan sampel di dalam kawah Jezero pada Februari 2021. Helikopter tersebut dengan cepat menyelesaikan misi utamanya, kampanye lima penerbangan yang dirancang untuk menunjukkan bahwa eksplorasi udara dapat dilakukan di Mars.
63 Hari Hilang Kontak, Helikopter Mars Ingenuity Kembali Jalin Kontak dengan Robot Penjelajah


Misi helikopter Ingenuity kemudian diperpanjang, dan berfungsi sebagai pengintai Perseverance. Semua komunikasi ke dan dari helikopter Ingenuity harus diarahkan melalui rover Perseverance. Kontak hilang ketika penjelajah Perseverance berada di balik bukit dari sudut pandang helikopter Ingenuity.



Ini bukan kasus pertama, sebelumnya pada awal April, helikopter Ingenuity hilang kontak selama enam hari secara tiba-tiba. Medan yang berat membuat Ingenuity tidak dapat berkomunikasi dengan mitra robotiknya, penjelajah Perseverance

“Kami senang bisa kembali berkomunikasi dengan Ingenuity dan menerima konfirmasi Penerbangan 52. Tujuan tim adalah untuk menjaga Ingenuity tetap berada di depan Perseverance, yang kadang-kadang menyebabkan komunikasi putus karena berada di luar batas," tambah Anderson.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)