6 Perbedaan Gecko dan Tokek, Dari Bentuk Ekor hingga Urusan Panjat Memanjat

Kamis, 06 Juli 2023 - 18:57 WIB
loading...
6 Perbedaan Gecko dan Tokek, Dari Bentuk Ekor hingga Urusan Panjat Memanjat
Gecko dan tokek adalah dua hewan yang sering disamakan. Sebab, kedua hewan tersebut memiliki tingkat kemiripan yang sangat identik, terutama ketika dilihat dari segi bentuknya. Foto/thereptileroom
A A A
JAKARTA - Gecko dan tokek adalah dua hewan yang sering disamakan. Sebab, kedua hewan tersebut memiliki tingkat kemiripan yang sangat identik, terutama ketika dilihat dari segi bentuknya.

Hal itu dapat terjadi karena gecko dan tokek termasuk dalam keluarga yang sama, yakni gekkonidae atau kadal. Meski begitu, jika dilihat dengan jeli, kedua hewan tersebut ternyata mempunyai sejumlah perbedaan.

Berikut ini beberapa perbedaan gecko dan tokek yang perlu diketahui:


1. Bentuk Ekor

Perbedaan yang pertama antara tokek dengan gecko adalah dilihat dari bentuk ekornya. Tokek sendiri ternyata memiliki bentuk ekor yang ramping dan panjang, sedangkan gecko lebih pendek menyerupai daun.



2. Goyangan Ekor

Masih dalam pembahasan ekor, gecko ternyata memiliki ciri khas pada bagian ekornya. Jika sedang marah atau terancam, ekor gecko akan bergoyang-goyang. Sementara itu, ciri khas tersebut tidak dapat ditemukan pada hewan tokek.

3. Sifat Teritorial

Meskipun sama-sama tergolong hewan yang sangat menjaga teritorialnya, terdapat sedikit perbedaan di antara tokek dan gecko. Tokek akan cenderung lebih agresif dalam menjaga daerah teritorialnya jika dibandingkan dengan gecko.

4. Tingkat Kegalakan

6 Perbedaan Gecko dan Tokek, Dari Bentuk Ekor hingga Urusan Panjat Memanjat

Berbeda dengan tokek, gecko bisa menjadi salah satu hewan yang bisa dipelihara. Hal tersebut bisa terjadi karena gecko cenderung lebih jinak dan aman ketika sedang dipegang.

Sedangkan tokek memiliki sifat yang berbalik dari gecko, lebih agresif dan galak ketika hendak dipegang. Maka tak heran jika sekarang ini banyak orang yang suka memelihara gecko di dalam rumahnya.

5. Warna Tubuh

Perbedaan terakhir yang dimiliki oleh gecko dan tokek yaitu berkaitan dengan warna tubuhnya. Pada umumnya, tokek akan berwarna abu-abu dan memiliki totol berwarna hitam.

Sedangkan gecko sendiri memiliki tubuh berwarna cerah dengan motif yang lebih beragam. Hal inilah yang membuat sebagian orang lebih tertarik memelihara gecko dirumahnya.



6. Kemampuan Memanjat

Urusan panjat memanjat memang tokek tidak ada lawannya. Sebab hewan tersebut mempunyai ciri fisik unik yang dapat menempel di dinding dan benda lainnya secara sempurna.

Hal tersebut tidak berlaku untuk gecko yang dilihat dari habitat aslinya berasal dari daratan. Sehingga gecko tidak bisa memanjat dan menempel di dinding layaknya tokek.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)