Hampir Setengah Persediaan Air Keran di AS Terkontaminasi Kimia

Jum'at, 07 Juli 2023 - 23:29 WIB
Hampir Setengah Persediaan Air Keran di AS Terkontaminasi Kimia
Tim peneliti melakukan studi nasional untuk membandingkan PFAS dalam air keran dari 716 lokasi di seluruh Amerika Serikat dari tahun 2016 hingga 2021. FOTO/ TV
NEW YORK - Hampir setengah dari pasokan air keran di Amerika Serikat t erkontaminasi bahan kimia yang dikenal sebagai 'bahan kimia permanen',

Sebuah studi baru-baru ini dari United States Geological Survey dan diterbitkan dalam jurnal Environment International edisi Agustus.

Pada edisi ini mengulas paparan per- dan poly-fluoroalkyl (PFAS), juga dikenal sebagai bahan kimia persisten yang terdeteksi dalam air minum di AS dan menjadi masalah kesehatan global.

Seperti dilansir dari Xianhua Jumat (7/7/2023), Tim peneliti melakukan studi nasional untuk membandingkan PFAS dalam air keran dari 716 lokasi di seluruh Amerika Serikat dari tahun 2016 hingga 2021.

Tim tersebut memperkirakan bahwa setidaknya satu PFAS dapat dideteksi pada sekitar 45 persen sampel air minum di Amerika Serikat.

Studi ini menyerukan evaluasi lebih lanjut dari risiko kesehatan kumulatif PFAS sebagai kelas dan dalam kombinasi dengan kontaminan lain yang terjadi bersamaan.