Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Sabtu, 08 Juli 2023 - 19:05 WIB
loading...
Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya
Kucing Pallas unik dengan bulu yang lebat serta wajah pipih, sehingga sering viral di media sosial. Foto: Wired
A A A
JAKARTA - Kucing Pallas sempat bikin heboh media media sosial. Ini karena tampilannya unik. Wajahnya berbeda dengan kucing biasa. Mirip gabungan antara macan dan kera.

Kucing Pallas punya nama ilmiah Otocolobus manul syn . Bentuk mukanya pipih dan bulat, sementara tubuhnya lebih gempal dan besar. Bulunya halus dan panjang.

Kucing liar ini tinggal di tempat tersembunyi sehingga sangat misterius dan cukup sulit diteliti. Hal inilah yang membuatnya disebut sebagai 'ghost cat' atau 'kucing hantu'.

IUCN atau The International Union for Conservation of Nature Red List of Threatened Species mengklasifikasikan kucing Pallas hampir terancam punah pada 2022. Nah, berikut adalah fakta tentang kucing Palas seperti dilansir dari Wired:

1. Tinggal di Gurun dan Padang Pasir
Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Kucing Pallas atau Manul adalah spesies kucing liar di gurun dan padang pasir di wilayah Asia Tengah. Mereka hidup dan berkembang biak di alam liar. Pallas adalah jenis kucing yang lebih suka hidup menyendiri di gua atau lubang tersembunyi. Biasanya, mereka berburu pada malam hari. Memangsa tikus atau ayam hutan.

2. Bentuknya Seperti Kucing Rumahan

Dari sisi ukuran, kucing Pallas memiliki ukuran sama dengan jenis kucing rumahan yang biasa dipelihara. Panjangnya sekitar 46-65 cm dengan berat rata-rata 2,5-4,5 kilogram.

3. Bulunya Lebat
Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Kucing Pallas memiliki bulu sangat lebat, membuatnya terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Bulu di bagian perut dan ekor sangat panjang, berfungsi untuk menghangatkan ketika memasuki musim dingin.

4. Pupil mata unik

Pupil mata kucing Pallas tidak berbentuk vertikal, namun bulat. Bentuk pupil semacam ini juga dimiliki jenis kucing besar seperti harimau atau singa. Ini karena cara berburu yang berbeda di mana kucing Pallas yang menyergap mangsanya.

5. Musim kawin kucing Pallas tergolong singkat
Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Kucing Pallas betina punya masa estrus lebih singkat, yakni sekitar 26 hingga 42 jam saja. Perkawinan antar kucing Pallas berlangsung antara bulan Desember hingga Maret dan lahir pada akhir Maret hingga Mei dengan periode kehamilan 66-75 hari. Tiap kelahiran bisa menghasilkan empat hingga delapan anak kucing.

6. Terancam punah
Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Kucing Pallas masuk ke dalam daftar merah hewan yang telah terancam punah. Ini karena habitat mereka tergusur manusia, atau sering menjadi korban 'salah tangkap' oleh perangkap manusia yang sebenarnya untuk menjebak serigala hutan dan rubah.


7. Dikenal dengan nama manul
Pallas, Kucing Hantu Langka yang Bikin Geger Dunia Maya

Naturalis Jerman Peter Pallas mulanya mengklasifikasikan kucing ini sebagai Felis manul pada 1776. Kata manul berakar dari bahasa Mongolia. Namun, ia keliru menyatakan bahwa kucing ini nenek moyang ras Persia domestik.

8. Suaranya Beragam

Kucing Pallas suka berteriak atau menggeram ketika sedang bersemangat. Juga mengeluarkan suara yang mirip dengananjingkecil.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)