5 Fakta Ilmi Arab Saudi, Pusat Saintek Usulan Istri Pangeran Mohammed bin Salman

Kamis, 20 Juli 2023 - 17:26 WIB
loading...
5 Fakta Ilmi Arab Saudi, Pusat Saintek Usulan Istri Pangeran Mohammed bin Salman
Sebuah pusat sains dan teknologi baru yang disebut ‘Ilmi’ Arab Saudi baru telah diluncurkan. Pusat pengetahuan tersebut sengaja dibangun untuk mendorong keingintahuan dan mengembangkan keterampilan kaum muda. Foto/ArabNews
A A A
RIYADH - Sebuah pusat sains dan teknologi baru yang disebut ‘Ilmi’ Arab Saudi baru telah diluncurkan. Pusat pengetahuan tersebut sengaja dibangun untuk mendorong keingintahuan dan mengembangkan keterampilan kaum muda.

Ilmi dibangun atas usulan dari Istri Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) untuk membantu membentuk masa depan generasi penerus Arab Saudi agar paham teknologi.

Berikut 5 Fakta Ilmi Arab Saudi Usulan Istri Pangeran Mohammed bin Salman


1. Dibangun Atas Usulan Istri Pangeran Mohammed bin Salman

‘Ilmi’ merupakan pusat sains dan teknologi Arab Saudi yang dibuat atas usulan dari Istri Pangeran Mohammed bin Salman. Putri Sara bint Mashhour bin Abdulaziz Al-Saud mengatakan jika ‘Ilmi’ akan menjadi mercusuar kreativitas, pembelajaran dan aksesibilitas.


“Ilmi akan menjadi mercusuar kreativitas, pembelajaran, dan aksesibilitas,” kata Putri Sara, istri Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, dikutip dari laman Arabnews, Senin, (17/7/2023).

2. Berlokasi di Riyadh

Pusat ‘Ilmi’ akan berlokasi di Kota Nirlaba Mohammed bin Salman di Riyadh. Dalam keterangannya, pusat pembelajaran sains dan teknologi Arab Saudi ini akan siap dibuka pada tahun 2023 mendatang.

3. Bangunan yang Sangat Luas

Sebagai pusat sains dan teknologi negara, ‘Ilmi’ akan dibangun di atas lahan yang sangat luas. Bangunan ‘Ilmi’ sendiri mencakup 27.000 meter persegi yang berpusat di Kota Riyadh, Arab Saudi.



4. Bertujuan Memberdayakan Kaum Muda

Tujuan utama dibangunnya ‘Ilmi’ adalah untuk menginspirasi dan memberdayakan kaum muda di seluruh Arab Saudi. Selain itu, fungsi dari pusat saintek ini untuk memproyeksikan gambaran kualitatif yang terperinci tentang bagaimana kaum muda di seluruh Arab Saudi terhubung terbaik dengan mata pelajaran sains, teknologi, membaca, teknik, seni, dan matematika.

5. Proyek Non Pemerintah

‘Ilmi’ merupakan sebuah proyek non pemerintah yang diinkubasi dan didukung oleh Mohammed bin Salman Foundation (MISK) sebagai salah satu anak perusahaannya. Oleh karena itu, ‘Ilmi’ akan beroperasi dalam kemitraan dengan Mohammed bin Salman Nonprofit City.



6. ‘Ilmi’ Gelar Pameran Terencana

‘Ilmi’ diketahui akan menyelenggarakan beberapa program pameran terencana yang bersifat permanen. Pameran yang akan ditujukan kepada publik berisi tiga tema inti, seperti Dunia Kita, Diri Kita, dan Penemuan Kita. Selain itu, ini akan fokus pada isu-isu termasuk ruang, ekosistem, dan AI.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)