5 Hewan yang Mirip Bak Kembar, Jangan Sampai Ketuker Ya!

Jum'at, 21 Juli 2023 - 20:41 WIB
loading...
5 Hewan yang Mirip Bak Kembar, Jangan Sampai Ketuker Ya!
5 Hewan yang Mirip Bak Kembar. FOTO/ LIVE SCIENCE
A A A
JAKARTA - Tidak hanya manusia, hewan yang mirip bentuknya juga sering dianggap kembar. Padahal keduanya terkadang berasal dari spesies dan jenis yang berbeda.



Hewan yang mirip umumnya bisa dilihat dari ciri fisiknya. Namun ada juga di antara mereka yang memiliki kemiripan berdasarkan perilakunya, baik ketika berburu makanan maupun interaksi dengan sesama jenisnya.

Di dunia ini terdapat jutaan hewan dengan berbagai spesies dan jenis yang berbeda. Namun, beberapa di antaranya tergambar mirip berdasarkan ciri fisik dan perilakuknya.

5 Hewan yang Mirip dan Sering dikira Kembaran


Dilansir dari laman merriam, berikut ini adalah lima hewan yang memiliki ciri fisik dan perilaku yang saling memiliki kemiripan:

1. Katak dan Kodok


Katak dan Kodok terkadang sering disebut sebagai hewan yang sama. Namun, kedua hewan ini senarnya berbeda jika dilihat dari fisiknya.

Secara umum, kata memiliki kulit yang lebih halus daripada kodok. Bagian kakinya juga berbeda, di mana katak memiliki kaki yang lebih panjang serta mata yang besar dan menonjol.

Perbedaan lainnya adalah pada telurnya. Kodok umumnya bertelur dan membentuk sebuah untaian. Jika katak akan bertelur dan mengaturnya seperti dalam sebuah kelompok yang mirip dengan anggur.

2. Kura-kura dan Penyu


Kura-kura dan penyu bukan hanya memiliki habitat yang berbeda, tetapi juga mempunyai bentuk yang berbeda pula. Penyu sendiri memiliki bentuk kaki yang flat dan tempurung yang ringan untuk memudahkannya dalam berenang.

Sementara kura-kura memiliki kaki yang lebih besar dan mempunyai cakar. Bentuk tersebut dapat membantu kura-kura untuk berjalan dan menggali tanah. Lebih dari itu, tempurung kura-kura juga jauh lebih berat.

3. Llama dan Alpaca

Llama dan alpaca memang hewan yang sulit dibedakan. Namun pada dasarnya, kedua hewan tersebut memiliki bentuk badan yang berbeda dan bisa dibilang tidak seluruhnya memiliki kemiripan.

Sama-sama dari family Camelidae, llama memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari alpaca. Jika diamati, llama memiliki telinga yang lebih panjang dan melengkung sementara alpaca lebih pendek. Satu hal yang bisa membedakan dari kedua hewan ini, llama lebih cenderung sering meludah.

4. Kelinci dan Hares

Perbedaan kelinci dan Hares terletak pada bentuk telinga keduanya. Kelinci memiliki bentuk telinga yang lebih pendek, sementara hares lebih panjang dan besar.

Jika dilihat dari belakang, hares memiliki kaki yang lebih panjang dari pada kelinci. Sehingga hares tergolong lebih kuat dan gesit ketika akan menangkap atau berburu seekor predator sebagai makanannya.

5. Ngengat dan Kupu-Kupu


Sama-sama serangga dan memiliki sayap yang indah, ngengat dan kupu-kupu adalah jenis hewan yang berbeda. Tidak semua ngengat aktif di malam hari, ada juga yang aktif di siang hari untuk menghisap nektar.

Hal yang bisa membedakan keduanya adalah antena. Ngengat memiliki antena lebih kecil namun berbulu. Sedangkan kupu-kupu akan memiliki antena yang membesar di area ujungnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)