Korvet Ukraina Tenggelam Ditembak Rudal Jelajah Supersonik P-270 Moskit Rusia

Minggu, 23 Juli 2023 - 08:56 WIB
loading...
Korvet Ukraina Tenggelam Ditembak Rudal Jelajah Supersonik P-270 Moskit Rusia
Kapal korvet rudal kelas Tarantul-III Ivanovets Rusia menembakkan rudal P-270 Moskit untuk menenggelamkan kapal korvet anti-kapal selam Ternopil milik Ukraina. Foto/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Rusia menebar gertakan serius di Laut Hitam dengan menayangkan rekaman penenggelaman kapal korvet Ternopil milik Ukraina. Rusia menenggelamkan kapal korvet anti-kapal selam Ukraina dengan rudal jelajah anti-kapal supersonik P-270 Moskit.

Berdasarkan laporan Clash Report yang mengutip Kementerian Pertahanan Federasi Rusia, kapal korvet Ternopil ditenggelamkan dalam Latihan tempur langsung Armada Laut Hitam Rusia pada pertengahan Juli 2023. Kapal korvet Ternopil yang dijadikan target tembak merupakan milik Ukraina yang disita Rusia pada 25 November 2018.

Saat itu, Rusia juga menangkap dua kapal angkatan laut Ukraina lainnya di Selat Kerch, yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Azov. Insiden itu terjadi ketika kapal perang Ukraina berusaha melewati selat itu tanpa izin dari Rusia.



Dalam latihan terbaru di Laut Hitam, Rusia menggunakan kapal korvet rudal kelas Tarantul-III Ivanovets untuk menenggelamkan kapal korvet Ternopil Ukraina. Angkatan Laut Rusia menggunakan rudal jelajah anti-kapal supersonik P-270 Moskit atau NATO menyebutnya rudal SS-N-22 Sunburn.

“Dalam latihan bersama, kapal dan penerbangan Armada Laut Hitam Rusia berlatih mengisolasi area yang ditutup sementara untuk navigasi. Termasuk melakukan serangkaian tindakan untuk menangkap kapal penyusup tiruan,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Minggu (23/7/2023).
Korvet Ukraina Tenggelam Ditembak Rudal Jelajah Supersonik P-270 Moskit Rusia


Penggunaan rudal anti-kapal supersonik P-270 Moskit menjadi jawaban serius Rusia terhadap rencana Ukraina dan NATO, menyusul pernyataan mereka bahwa semua kapal kargo yang menuju pelabuhan Ukraina dapat membawa barang-barang militer.

“Rudal anti-kapal supersonik P-270 Moskit memiliki kapasitas hulu ledak konvensional dan nuklir. Rudal ini mampu terbang dengan kecepatan tiga kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan sekitar 75 mil (120 km),” keterangan saluran Telegram OperativnoZSU Ukraina.



Spesifikasi Rudal P-270 Moskit

Rudal P-270 Moskit adalah rudal anti-kapal supersonik yang dikembangkan oleh Rusia untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh sistem tempur Aegis Angkatan Laut Amerika Serikat. Rudal P-270 Moskit dapat diluncurkan dari kapal perang, kapal selam, dan kendaraan darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)