Riset Terbaru Penyebab Sulitnya Menjaga Kualitas Tidur

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:41 WIB
loading...
Riset Terbaru Penyebab Sulitnya Menjaga Kualitas Tidur
Riset soal kualitas tidur yang baik. foto/ Live Science
A A A
JAKARTA - Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam hidup, karena dengan tidur kita sudah membantu menjaga kesehatan fisik dan mental kita.



Tidur yang baik dan berkualitas pada orang dewasa memerlukan waktu sekitar 7-9 jam permalam. Dengan menjaga kualitas tidur yang baik, dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas di keesokan harinya.

Kurang tidur atau tidak nyenyak tidur bisa menyebabkan penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi dan kemampuan bekerja seseorang, oleh karena itu harus dicegah.

Survei yang dilakukan oleh Bobobox dan Konekta Consulting mengungkapkan beberapa fakta menarik. Bertajuk Impact Report Bobobox periode 2022: Travel With a Purpose: Our Story Towards Impactful Experience, survei menemukan bahwa 80% responden dewasa mengungkapkan keinginan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Sayangnya, 67% dari mereka belum bisa mencapai kondisi tidur yang ideal. Hal ini ditandai dengan seringnya frekuensi terbangun setidaknya sekali di tengah malam.

Temuan ini sejalan dengan studi Universitas Udayana pada tahun 2022, di mana prevalensi insomnia di kalangan masyarakat Indonesia mencapai sekitar 28 juta orang. Tentu ini merupakan kondisi yang memprihatinkan.

Pasalnya, terdapat beberapa konsekuensi langsung dan tidak langsung yang dapat dialami individu ketika tidak mampu mencapai kondisi tidur yang optimal.

Mulai dari kondisi lelah fisik dan mental, sulit untuk fokus dan berkonsentrasi, sering menguap, hingga daya tahan tubuh yang menurun menjadi beberapa implikasi yang umum dirasakan oleh mereka yang mengalami gangguan tidur.

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri perhotelan dan properti teknologi, Bobobox mencoba menjawab untuk memberikan pengalaman yang unik dan menyeluruh kepada konsumen untuk beristirahat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)