Roket Falcon Heavy Siap Luncurkan Satelit Komunikasi Komersial Terbesar Jupiter 3

Rabu, 26 Juli 2023 - 09:39 WIB
loading...
Roket Falcon Heavy Siap Luncurkan Satelit Komunikasi Komersial Terbesar Jupiter 3
SpaceX siap meluncurkan satelit komunikasi komersial terbesar di dunia milik Maxar Technologies menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy. Foto/SpaceX
A A A
TEXAS - SpaceX siap meluncurkan satelit komunikasi komersial terbesar di dunia milik Maxar Technologies menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy. Satelit komunikasi yang diberi nama Jupiter 3 mampu menyediakan layanan internet broadband ke Amerika Utara dan Selatan.

Platform komunikasi tersebut akan bergabung dengan armada satelit Hughes Jupiter yang sudah ada di orbit. Menurut pernyataan Hughes, satelit tersebut akan menjadi satelit komunikasi komersial terbesar di dunia setelah digunakan sepenuhnya.

Jupiter 3 akan mendukung layanan seperti Wi-Fi dalam penerbangan dan paket internet latensi rendah untuk menambah penggunaan Wi-Fi di rumah dengan teknologi nirkabel lainnya. Jupiter 3 menampilkan arsitektur teknologi yang diperbarui yang memungkinkan miniaturisasi elektronik satelit.



“Termasuk penyertaan penguatan solid-state dan peningkatan efisiensi antenanya,” menurut pernyataan di situs web Maxar dikutip SINDOnews dari laman Space, Rabu (26/7/2023).

Setelah diluncurkan ke orbit, ukuran satelit Jupiter 3 akan menyaingi lebar sayap pesawat komersial, antara 40-50 meter. Falcon Heavy dijadwalkan meluncurkan satelit Jupiter 3 dari Launch Complex-39A, di Kennedy Space Center NASA, di Florida, pada 26 Juli 2023 waktu setempat.
Roket Falcon Heavy Siap Luncurkan Satelit Komunikasi Komersial Terbesar Jupiter 3


Ini akan menjadi peluncuran ketujuh untuk roket triple-booster SpaceX, yang pertama kali debut dengan banyak penggemar pada tahun 2018. Pesawat ruang angkasa yang ditingkatkan menuju ke orbit geostasioner dan akan menggandakan kemampuan kecepatan data yang ada dari armada Hughes.

SpaceX menargetkan peluncuran satelit Jupiter 3 pada pukul 11:04 malam. Kemudian mengeluarkan penguat intinya di Samudra Atlantik setelah pemisahan tahap pertama.



Dua booster samping Falcon Heavy akan melakukan boost-back burn setelah pemisahan mereka. Kemudian kembali secara hampir bersamaan ke Cape di Zona Pendaratan SpaceX 1 dan 2, sekitar 8,5 menit setelah lepas landas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)