Ikan Kiamat Raksasa Naik ke Permukaan Laut Taiwan, Ini Faktanya

Kamis, 27 Juli 2023 - 08:44 WIB
loading...
A A A
Legenda Jepang percaya bahwa oarfish merupakan pelayan Ryujin sang Dewa Laut. Ikan tersebut membawa pesan dari Ryujin bahwa akan terjadi gempa di daratan.

Kemunculan oarfish di Jepang pernah terjadi menjelang gempa di Tohoki dan bencana nuklir di Fukishima. Hanya saja ilmuwan mengatakan tak ada hubungan antara kemunculan oarfish dan kondisi Bumi.

"Tak ada bukti sains yang menunjukkan ada keterkaitan antara oarfish dan bencana. Menurut saya, masyarakat tak perlu khawatir," kata Profesor Ilmu Perikanan dari Kagoshima University, Hiroyuki Motomura, dikutip dari New York Post.

"Menurut saya, oarfish muncul ke permukaan ketika kondisi habitat mereka sedang buruk. Oleh karena itu, biasanya mereka ditemukan manusia dalam keadaan tak bernyawa," tambahnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono juga pernah menanggapi kehebohan munculnya oarfish ke permukaan. Pasalnya oarfish juga pernah naik ke permukan laut Selayar, Sulawesi Selatan.

Dikutip situs Kominfo, Daryono mengatakan berdasarkan kajian statistik jenis ikan laut dalam seperti oarfish yang muncul di perairan dangkal tidak berarti bahwa gempa akan segera terjadi.

Menurutnya fenomena itu terjadi karena kondisi upwelling. Dimana upwelling adalah sebuah fenomenaair laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan. "Dalam fenomena upwelling biasanya menyebabkan kemunculan ikan dari laut dalam ke permukaan," sebutnya.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)