Identitas Yanacona dan Aclla Pelayan Bangsawan Inca di Machu Picchu Terungkap

Kamis, 27 Juli 2023 - 14:58 WIB
loading...
A A A
Kemungkinan besar bangunan itu untuk kaisar Inca Pachacuti, yang memerintah dari tahun 1438 hingga 1471. Namun sedikit yang diketahui tentang asal-usul dan kehidupan para pelayan yang mengelola perkebunan Machu Picchu.

Selama seabad terakhir pekerjaan arkeologi di Machu Picchu, para peneliti telah menemukan kuburan hampir 200 orang yang meninggal antara tahun 1420 dan 1532. Mengingat keramik sederhana dan gaya non-Inca yang dikubur, diasumsikan bahwa gua pemakaman ini menyimpan sisa-sisa pelayan yanacona dan aclla yang menghadiri keluarga kerajaan.
Identitas Yanacona dan Aclla Pelayan Bangsawan Inca di Machu Picchu Terungkap


Untuk menguji hipotesis orang yang dimakamkan di Machu Picchu adalah pelayan yang dibawa dari berbagai bagian Amerika Selatan, para peneliti menganalisis data DNA purba dari 34 orang yang ditemukan di empat kuburan di Machu Picchu, serta DNA dari 36 orang modern dan kuno dari Lembah Urubamba, juga disebut Lembah Suci, di utara ibu kota Inka Cusco.

“Hasilnya mengungkapkan bahwa Machu Picchu secara substansial lebih beragam secara genetik daripada pedesaan kontemporer di Andes," menurut penelitian yang dipimpin oleh Lucy Salazar, seorang arkeolog di Universitas Yale.



Selain itu, tim menemukan perbedaan yang signifikan antara keturunan genetik pelayan laki-laki dan perempuan. Kebanyakan individu laki-laki berasal dari daerah dataran tinggi, sedangkan individu perempuan memiliki keturunan non-dataran tinggi yang jauh lebih beragam.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)