NASA Hilang Kontak dengan ISS untuk Pertama Kalinya dalam 24 Tahun

Jum'at, 28 Juli 2023 - 22:13 WIB
loading...
NASA Hilang Kontak dengan ISS untuk Pertama Kalinya dalam 24 Tahun
Terputusnya kontak antara NASA dengan ISS berlangsung selama kurang lebih 20 menit. FOTO/ CNET
A A A
CALIFORNIA - Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA dilaporkan baru saja mengalami hilang kontak dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).



Ini menjadi yang pertama kali terjadi dalam 24 tahun atau sejak ISS diluncurkan pada tahun 1998 silam.

Sebagaimana dihimpun dari Gizchina, Jumat (28/7/2023), terputusnya kontak antara NASA dengan ISS berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Sampai saat ini masih terus diselidiki penyebab peristiwa super langka ini bisa terjadi.

Untuk diketahui, saat ini ada tujuh astronot yang tinggal di ISS. Mereka yang berasal dari Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan Badan Antariksa Eropa tengah sibuk melakukan eksperimen ilmiah dan menyelesaikan misi eksplorasi di luar angkasa.

NASA sendiri mengakui sempat khawatir dengan nasib para kru ISS akibat dari peristiwa terputusnya kontak. Namun NASA menegaskan bahwa semua telah kembali berjalan normal dan seluruh astronot dalam kondisi baik.

"Ini benar-benar masalah mendasar. Tapi baik astronot maupun stasiun luar angkasa dalam leadaan baik," kata Manajer program ISS, Joel Montalbano.

Masalah komunikasi ini mengingatkan pada adegan dalam misi pendaratan di bulan Apollo, ketika astronot Michael Collins kehilangan kontak dengan Bumi yang berada di belakangnya, dan Armstrong serta Aldrin yang berada di Bulan.

Meskipun masalah ini sudah bisa diatasi, tetap saja peristiwa tersebut menjadi pengingat bahwa meskipun ISS berada di orbit Bumi yang rendah, bahkan hanya beberapa ratusan Km dari Bumi, masih ada kemungkinan untuk kehilangan kontak.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)