Mengenal Sumur Neraka Barhout di Yaman

Sabtu, 29 Juli 2023 - 22:49 WIB
loading...
Mengenal Sumur Neraka Barhout di Yaman
Sumur Barhout di timur Yaman yang dikenal sebagai Sumur Neraka sebenarnya merupakan salah satu keajaiban alam yang diselimuti misteri dan kisah sosok hantu jahat. Foto/Phys
A A A
SANAA - Sumur Barhout di timur Yaman yang dikenal sebagai " Sumur Neraka " sebenarnya merupakan salah satu keajaiban alam yang diselimuti misteri dan kisah sosok hantu jahat. Sumur Barhout berjarak 1.300 km dari ibu kota Sanaa, tepat di gurun provinsi Al-Mahra.

Sumur Barhout memiliki lebar 30 meter dan diperkirakan berada di antara kedalaman 100 dan 250 meter. Selama berabad-abad, legenda menyeramkan beredar di sekitar Sumur Barhout. Konon, mengunjungi atau bahkan membicarakannya bisa mendatangkan kesialan.

Bahkan ada legenda yang menyebutkan sumur Barhout merupakan penjara bagi jin yang tidak terkendali. Jin ini, menurut legenda, akan mengincar kepala siapa pun yang berani (atau bodoh) untuk turun ke bawah.



Salah Babhair, Direktur Jenderal Survei Geologi dan Otoritas Sumber Daya Mineral Mahra mengatakan, tidak tahu apa yang ada di bawah sumur Barhout. Apalagi sinar matahari menjangkau dalam struktur sumur sehingga hanya sedikit bagian yang dapat dilihat.

“Sangat dalam, kami belum pernah mencapai dasar sumur ini, karena hanya ada sedikit oksigen dan tidak ada ventilasi. Kami telah memasuki sumur mencapai lebih dari 50-60 meter dan mencium sesuatu yang aneh dan misterius,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Phys, Sabtu (29/7/2023).

Tim Eksplorasi Gua Oman (OCET) adalah tim terdokumentasi pertama yang menjelajahi lubang sedalam 367 kaki atau 112 meter. Ekspedisi pertama ke dasar sumur Barhout yang mengejutkan menemukan keajaiban, namun sesuatu yang alami.

Ahli geologi dan penjelajah gua Mohammad Al-Kindi dan tim secara total menghabiskan waktu sekitar empat hingga lima jam menjelajahi dasar sumur Barhout. “Ada banyak endapan gua yang indah,” kata Al-Kindi, dikutip SINDOnews dari laman Atlasobscura.



Tim peneliti menemukan stalagmit, stalaktit, dan bahkan mutiara gua berkilauan di bawah air terjun bawah tanah. “Di dalam sumur juga memiliki jenis ekosistemnya sendiri,” kata Al-Kindi, dengan kodok, ular, kumbang, burung, dan kadal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)