Sejarah Madain Saleh, Daerah Terkutuk Arab Saudi yang Menjadi Warisan UNESCO

Senin, 31 Juli 2023 - 17:11 WIB
loading...
Sejarah Madain Saleh, Daerah Terkutuk Arab Saudi yang Menjadi Warisan UNESCO
Madain Saleh merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di dekat Al-Ula, Provinsi Madinah di wilayah Hijaz, Arab Saudi. Foto/Foto/unusualplaces
A A A
JEDDAH - Madain Saleh merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di dekat Al-Ula, Provinsi Madinah di wilayah Hijaz, Arab Saudi. Di situ ini terdapat banyak peninggalan Kerajaan Nabatea dari abad ke-1 Masehi.

Madain Saleh juga memiliki kaitan dengan sejarah Islam, karena di situs ini pernah dihuni oleh Kaum Tsamud yang diceritakan dalam Al-Quran. Dalam sejarahnya, kaum tersebut telah ditimpa bencana sebagai hukuman dari Allah SWT karena telah menyekutukan-NYA. Berikut sejarahnya.

Sejarah Situs Madain Saleh

Madain Saleh juga disebut sebagai kota terkutuk karena menurut Al-Quran, situs ini pernah dihuni oleh kaum Tsamud yang mendapat azab dari Allah karena menyembah berhala dan tidak mengikuti seruan Nabi Saleh.



Dilansir dari laman thearabweekly, kehadiran kaum Tsamud di tempat ini diketahui sudah ada sejak 715 SM. Semasa hidupnya, mereka sangat sombong dan terkenal korup dalam menguasai harta.

Mereka memiliki umur yang panjang, tetapi Kaum Tsamud lebih memilih menyebang berhala yang diukir dari batu. Mereka juga selalu menolak untuk mendengarkan pesan Nabi Saleh yang menyerukan bahwa Tuhan itu hanya satu, Allah SWT.

Pada suatu hari, mereka pun menuntut keajaiban untuk membuktikan bahwa tuhan yang tak terlihat itu ada. Nabi Saleh pun menurutinya dan Allah SWT menciptakan seekor unta betina yang sedang hamil keluar dari batu besar dan melahirkan seekor anak sapi.

Orang-orang pun terkagum dengan keajaiban itu, sebuah batu besar pun dibangun dan diisi dengan susu dari unta betina. Nabi Saleh pun mengizinkan penduduk untuk berbagi air dari sumur dengan unta dan meminumnya secara bergantian.

Akan tetapi penduduk desa menolak untuk membiarkan unta dan anaknya itu minum dari sumur atau sekedar merumput saja. Lebih dari itu, Kaum Tsamud pun dengan tega membunuh unta dan anaknya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)