Madain Saleh, Kota Terkutuk yang Tersembunyi di Arab Saudi

Jum'at, 28 Juli 2023 - 23:44 WIB
loading...
Madain Saleh, Kota Terkutuk yang Tersembunyi di Arab Saudi
Kota Madain Saleh diperkirakan dibangun antara abad ke-1 SM dan abad ke-1 M dan sekarang menjadi situs bersejarah terletak 400 kilometer sebelah utara Madinah, Arab Saudi. Foto/Wikipedia
A A A
JEDDAH - Kota Madain Saleh terletak sekitar 400 kilometer sebelah utara Madinah, Arab Saudi. Kota itu dikutuk untuk menghancurkan kaum Thamud karena kekejaman mereka dan kebiasaan menyembah berhala.

Saat ini Madain Saleh adalah situs arkeologi pra-Islam terkemuka di Arab Saudi yang berasal dari kerajaan Nabataean pada abad pertama. Madain Saleh adalah pekuburan dari 131 makam Nabataean yang dipotong menjadi batu besar yang tersebar di 21 kilometer persegi.

Kota Madain Saleh yang diperkirakan dibangun antara abad ke-1 SM dan abad ke-1 M, dianggap sebagai keajaiban arsitektur, bukti keterampilan dan keahlian orang Nabataean, 2.000 tahun lalu. Mereka mengukir lebih dari 131 makam menjadi batu padat, lengkap dengan dekorasinya, prasasti, dan air sumur.



Dikutip dari laman The Arab Weekly, Jumat (28/7/2023), Madain Saleh secara harfiah berarti "Kota Saleh" setelah kedatangan Nabi Saleh pada masa pra-Islam. Saleh adalah nabi kaum Thamud yang membangun rumahnya di tebing-tebing daerah itu.

Kaum Thamud diperkirakan hadir di wilayah tersebut setidaknya pada tahun 715 SM. Mereka sombong dan korup. Mereka berumur panjang tetapi juga menyembah berhala yang diukir dari batu, menolak untuk mendengarkan pesan Saleh bahwa hanya ada satu Tuhan.

Ketika penduduk desa menuntut keajaiban untuk membuktikan bahwa Allah SWT yang tak terlihat itu ada, Nabi Saleh menurutinya. Kemudian Allah SWT menciptakan seekor unta betina yang sedang hamil keluar dari batu besar dan melahirkan seekor anak sapi.

Orang-orang Thamud terkagum-kagum dengan keajaiban itu. Sebuah bak batu besar dibangun dan diisi dengan susu dari unta betina. Nabi Saleh mengizinkan penduduk desa untuk berbagi air dari sumur dengan unta dengan meminumnya secara bergantian.



Tetapi penduduk desa menolak untuk membiarkan unta dan anaknya minum dari sumur atau merumput. Penduduk desa membunuh induknya dan anak sapi itu melarikan diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)