5 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor Terakhir Paling Mengerikan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 13:59 WIB
loading...
5 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor Terakhir Paling Mengerikan
Lubang besar dan dalam yang terbentuk secara alamiah atau sinkhole bisa dijumpai di beberapa lokasi di dunia. Foto/Sernagomine
A A A
JAKARTA - Lubang besar dan dalam yang terbentuk secara alamiah atau sinkhole bisa dijumpai di beberapa lokasi di dunia. Lubang ini bisa muncul tiba-tiba dan sangat besar, terkadang cukup besar untuk menelan seluruh bangunan.

Sinkhole terbentuk ketika batuan di bawah permukaan, seperti batu kapur, secara alami dapat larut oleh air tanah di dalamnya. Saat batu itu larut, tanah di atasnya tidak dapat lagi menopangnya sehingga permukaannya runtuh.

Berikut 5 lubang dalam terbesar yang diketahui di Bumi diukur berdasarkan kedalamannya dirangkum SINDOnews dari laman Live Science, Sabtu (5/8/2023).

1. Xiaozhai Tiankeng, China

5 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor Terakhir Paling Mengerikan

Terletak di Kabupaten Fengjie di Tiongkok, Xiaozhai Tiankeng secara umum diterjemahkan sebagai "Lubang Surgawi". Xiaozhai adalah lubang runtuhan terdalam di dunia dengan kedalaman 662 meter.



Lubang ini terbentuk di atas gua batu kapur Difeng, yang diukir oleh sungai bawah tanah, yang masih mengalir di bawah lubang pembuangan. Lubang ini diselimuti tanaman perdu yang hijau di sekitarnya.

2. Crveno Jezero (Danau Merah), Kroasia

5 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor Terakhir Paling Mengerikan

Danau Merah adalah lubang pembuangan yang berisi danau karst atau sebuah danau yang terbentuk akibat runtuhnya gua di dekat kota Imotski, di Kroasia. Meskipun danau ini berwarna biru, namanya diambil dari tebing berwarna coklat kemerahan di sekelilingnya, yang ternoda oleh oksida besi.

Lubang besar ini memiliki kedalaman sekitar 530 meter dan berisi beberapa spesies ikan. Di antaranya ikan kecil berbintik (Delminichthys adspersus) yang terancam punah dan loach berduri Imotski (Cobitis illyrica).



3. Berezniki, Rusia

5 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor Terakhir Paling Mengerikan

Sebagian besar lubang besar terbentuk secara alami, namun ada juga yang tercipta akibat aktivitas manusia. Kota Berezniki, Rusia, di Pegunungan Ural, telah dilanda lubang runtuhan selama beberapa dekade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9253 seconds (0.1#10.140)