5 Ilmuwan Terkenal Dunia yang Sering Muncul di Buku Pelajaran IPA, Punya Penemuan Hebat

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:56 WIB
loading...
5 Ilmuwan Terkenal Dunia yang Sering Muncul di Buku Pelajaran IPA, Punya Penemuan Hebat
Albert Einstein salah satu ilmuwan terkenal yang sering muncul di buku pelajaran. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada banyak ilmuwan terkenal dunia yang memiliki pemikiran dan penemuan hebat. Beberapa di antaranya bahkan sering ditampilkan dalam film sejarah hingga buku- buku pelajaran sekolah tertentu.

Seiring waktu, kemajuan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi. Namun, satu hal yang perlu digarisbawahi adalah peran para ilmuwan terdahulu.

Meski telah lama meninggal, pemikiran dan penemuan mereka telah menjadi dasar untuk perkembangan teknologi di era berikutnya, termasuk saat ini. Untuk mengenangnya, tak jarang sejumlah buku pelajaran seperti IPA kerap menampilkan gambar atau foto ilustrasi dari para ilmuwan tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum deretan ilmuwan paling terkenal sebagai berikut.

Deretan Ilmuwan Terkenal yang Sering Muncul di Buku Pelajaran IPA

1. Albert Einstein

Albert Einstein merupakan fisikawan Jerman-Amerika yang cukup tersohor dalam sejarah. Lahir 14 Maret 1879, Einstein dikenal sebagai ilmuwan legendaris dan pemikir masa depan yang jenius.



Einstein terkenal sebagai fisikawan yang mendalami cabang Fisika mengenai teori relativitas. Melalui penelitiannya, dia telah menyumbangkan banyak teori yang menjadi dasar perkembangan berbagai penemuan-penemuan berikutnya.

Melihat statusnya ini, tak heran apabila sosok Albert Einstein cukup sering muncul di buku pelajaran IPA. Bagi orang memperhatikannya, mereka mungkin sering melihat foto atau gambar ilustrasinya di sejumlah bab tertentu.

2. Isaac Newton

Isaac Newton adalah salah satu tokoh paling berpengaruh sepanjang masa dan ilmuwan terkemuka dalam revolusi ilmiah. Tak hanya dianggap sebagai penemu kalkulus, dia juga dikenal karena merumuskan teori tentang gravitasi.

Ketika sebuah apel ke atas langit, pastilah apel itu akan kembali jatuh ke bumi. Kira-kira seperti inilah dasar teori gaya gravitasi yang ditemukan oleh Isaac Newton. Uniknya, pemikiran ini berawal dari rasa keingintahuannya tentang apel di pekarangan rumahnya yang bisa jatuh dari pohon.

3. Alexander Graham Bell

Berikutnya ada Alexander Graham Bell. Dia merupakan seorang penemu dan ilmuwan berbakat kelahiran Skotlandia.

Melansir laman History, terlepas dari kontribusinya terhadap penemuan telepon, Bell juga mengerjakan banyak proyek lain sepanjang kariernya. Di antaranya seperti Detektor logam, Photophone, Graphophone, Audiometer, dan masih banyak lainnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)