Cetak Sejarah, Virgin Galactic Luncurkan Penerbangan Wisata Luar Angkasa Komersil Pertama di Dunia

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 08:10 WIB
loading...
Cetak Sejarah, Virgin Galactic Luncurkan Penerbangan Wisata Luar Angkasa Komersil Pertama di Dunia
Ketiga wisatawan luar angkasa berbayar mencetak sejarah untuk pertama kalinya. Foto/Sky News
A A A
JAKARTA - Penerbangan wisata luar angkasa berbayar pertama di dunia berhasil dilakukan pada Kamis (10/8/2023) waktu Amerika Serikat. Penerbangan Galactic 02 membawa tiga penumpang, yaitu ibu dan anak serta peraih medali Olimpiade pertama di dunia.

Mereka adalah Jon Goodwin yang pernah meraih medali emas Olimpiade 1972 di Jerman, serta ibu-anak Keisha Schahaff dan Anastatia Mayers.

Momen bersejarah ini semakin sempurna bagi Virgin Galactic lantaran pertama kalinya bisa membawa awak penumpang komersial yang tidak terlatih ke luar angkasa.

Menggunakan pesawat VSS Unity para penumpang dibawa sejauh 88 kilometer dari Bumi. Setelah sampai di lokasi tujuan ketiganya langsung diajak melihat-lihat Bumi dari luar angkasa dan merasakan sensasi gravitasi nol yang membuat melayang.



Disebutkan Sky News Jon Goodwin, Keischa Schahaff, dan Anastatia Mayers sudah memesan penerbangan tersebut sejak 2005. Saat itu mereka membayar tiket sebesar USD250.000 atau mencapai Rp3,7 miliar. Harga itu menurut mereka sebanding dengan pengalaman yang dirasakan.

"Hal yang paling menakjubkan adalah melihat Bumi dari luar angkasa. Apa yang kita lihat benar-benar membuat hati tergerak. Jauh lebih dramatis dari yang saya bayangkan sebelumnya," ujar Jon Goodwin.

Penuturan yang sama juga disampaikan pasangan ibu dan anak Keisha Schahaff dan Anastatia Mayers. Menurutnya, pengalaman berada di luar angkasa memberikan kedekatan yang sangat luar biasa dengan Bumi.

"Benar-benar perjalanan terbaik yang pernah ada dan saya ingin melakukannya lagi," ucap Keischa Schahaff.



Dia mengatakan perjalanan luar angkasa wisata berbayar itu sangat aman. Sama sekali tidak ada kekhawatiran terhadap kondisi yang membahayakan.

"Sungguh menakjubkan bahwa Anda dapat mendarat dengan mulus di landasan pacu saat kembali dari luar angkasa," ujarnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)