Spesifikasi Drone Luna NG, UAV Canggih Jerman yang Segera Dikirim ke Ukraina

Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:15 WIB
loading...
Spesifikasi Drone Luna NG, UAV Canggih Jerman yang Segera Dikirim ke Ukraina
Spesifikasi drone Luna NG. Foto/Rheinmetall
A A A
JAKARTA - Spesifikasi drone Luna NG menarik untuk diulas. Baru-baru ini, Rheinmetall selaku industri pertahanan Jerman dikabarkan bakal segera memasok UAV canggih tersebut ke Ukraina .

Menurut laporan Airforce Technology, Luna NG dipesan atas nama pemerintah Jerman sebagai bagian dari paket bantuan militer untuk Ukraina. Sebelumnya, Bundeswehr memang menyebutkan bahwa pihaknya akan menyediakan senjata lain untuk membantu kebutuhan militer Kiev.

Lantas, seperti apakah kehebatan dari drone Luna NG ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Drone Luna NG


Luna NG merupakan salah satu Unmanned Aerial System (UAS) yang dimiliki Jerman. Platform ini dikembangkan Rheinmetall dan dirancang untuk melakukan misi pengintaian yang menantang.

Mengutip laman Rheinmetall, Luna NG menjadi salah satu elemen terbaru yang dimiliki untuk tujuan pengawasan, deteksi, hingga pelacakan udara secara real-time. Namanya sendiri merupakan akronim dari “Unbemannte Nahaufklärungs-ausstattung der nächsten Generation” atau peralatan pengintaian jarak pendek tak berawak generasi baru.



Drone Luna NG dibekali dengan struktur badan ultra-ringan stabil yang terbuat dari Carbon Fibre Reinforced Plastic (CFRP). Lebih lanjut, kendaraan udara tak berawak (UAV) canggih ini dibedakan oleh kualitas tinggi dan fitur peralatan udara yang serbaguna serta bisa diandalkan.

Luna NG mampu menjalankan waktu penerbangan hingga 12 jam. Sementara itu, untuk jangkauannya sendiri di angka 100 kilometer dan bisa meningkat jadi 300 kilometer melalui SatCom.

Luna NG juga memiliki ketinggian operasi maksimum mencapai 5.000 meter (16.400 kaki). Catatan ini cukup bagus mengingat jarak jangkaunya yang relatif jauh hingga ratusan kilometer.

Pada perlengkapannya, drone Luna NG akan berkolaborasi bersama sejumlah bagian sistem lain seperti stasiun kontrol darat. Sistem tersebut juga mencakup alat peluncuran, peralatan perbaikan, hingga pengaman ospional untuk menangkap drone ketika mendarat.

Kelebihan dari sistem Luna NG adalah tingkat fleksibilitasnya. Tak hanya dari landasan pacu, drone miliknya bisa diluncurkan dari mana saja menggunakan ketapel peluncur yang telah disematkan.

Pada penerbangannya, drone Luna NG juga cukup mengesankan. Hal ini telah dibuktikan dengan ribuan jam terbang yang dimilikinya.

Selain tahap peluncurannya yang fleksibel, Luna NG menawarkan banyak opsi muatan serta menjadi pilihan hemat biaya untuk misi militer maupun sipil.

Terbaru, sistem drone Luna NG akan diberikan ke Ukraina dalam bagian paket bantuan militer ekstensif yang diprakarsai pemerintah Jerman. Dengan pengalaman dan kecanggihan yang dimiliki, diharapkan persenjataan tersebut bisa mendukung kekuatan tempur Kiev.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)