Tragis, Inilah 5 Misi Luar Angkasa yang Mengalami Musibah

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 07:05 WIB
loading...
A A A
Pesawat ulang-alik bergerak lebih cepat daripada kecepatan suara dan dengan cepat mulai hancur. Bencana ini mengakibatkan kematian seluruh astronot yang berada di dalamnya, termasuk warga sipil Christa McAuliffe, peserta dalam proyek Guru di Antariksa NASA yang akan mengajar kelas dan melakukan percobaan di luar angkasa.

Misi yang diperpanjang dari pesawat ulang-alik tersebut termasuk penempatan satelit dan pengujian alat-alat untuk mempelajari astronomi dan Komet Halley.

Peluncuran pesawat ulang-alik ini tidak disiarkan secara luas, tetapi ledakan dan kehancuran pesawat ulang-alik terlihat oleh penonton di darat. Peluncuran itu sendiri, dilakukan dalam cuaca -3 °C, diprediksi akan menghadapi masalah oleh anggota tim rekayasa yang mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh suhu rendah terhadap O-ring.



Meskipun menyuarakan kekhawatiran ini, misi tersebut tetap berlanjut sesuai rencana karena NASA menolak untuk menunda peluncuran pesawat ulang-alik lebih lama lagi, karena sudah beberapa kali mengalami penundaan.

Bencana ini mengakibatkan penangguhan sementara program pesawat ulang-alik dan pembentukan Komisi Rogers untuk menentukan penyebab dan kesalahan dalam bencanatersebut.

MG/Thesalonika Alvina
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)