Simak Spesifikasi Lengkap Pesawat Jet Ringan N28JV yang Jatuh di Jalan Raya Malaysia

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:17 WIB
loading...
Simak Spesifikasi Lengkap Pesawat Jet Ringan N28JV yang Jatuh di Jalan Raya Malaysia
Pesawat jet ringan yang mengalami kecelakaan merupakan varian Beechcraft Model 390 dengan nomor registrasi N28JV. Foto: Cynthia Lamont
A A A
MALAYSIA - Pesawat N28JV yang jatuh di jalan raya Malaysia, tepatnya di wilayah Elmina ini menewaskan sepuluh orang pada Kamis (17/8). Sebanyak dua orang kru pesawat, enam orang penumpang pesawat, satu orang pengendara sepeda motor dan satu pengemudi mobil tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Diketahui bahwa pesawat jet yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan varian Beechcraft Model 390 dengan nomor registrasi N28JV.

Sampai saat ini, lokasi kejadian di mana pesawat jet pribadi tersebut jatuh masih tidak dapat diakses oleh publik karena sedang dalam proses penyelidikan.

Spesifikasi Pesawat N28JV yang Jatuh di Jalan Raya Malaysia
Simak Spesifikasi Lengkap Pesawat Jet Ringan N28JV yang Jatuh di Jalan Raya Malaysia

Menurut Dato Captain Norazman bin Mahmud, CEO Civil Aviation Authority of Malaysia, melalui keterangan resminya, pesawat jet Beechcraft Model 390 dioperasikan oleh Jet Valet Sdn.Bhd yang berangkat dari Bandara Internasional Langkawi menuju Bandara Sultan Abdul Aziz.

Jet Valet merupakan perusahaan penyewaan jet pribadi yang berpusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Penyedia jasa sewa jet pribadi ini menawarkan dua tipe pesawat yang bisa disewa yakni Premier 1 Beechcraft dan Hawker Beechcraft 4000.

Kemudian pesawat yang jatuh di wilayah Elmina diketahui adalah Beechcraft Model 390 atau biasa disebut Premier 1 Beechcraft. Pesawat buatan Amerika Serikat ini memiliki spesifikasi yang cukup canggih.

Beechcraft Model 390, juga dikenal dengan nama Premier 1 Beechcraft, adalah pesawat jet ringan buatan perusahaan penerbangan Beechcraft (sekarang Textron Aviation).

Pesawat jet pribadi ini memiliki dimensi panjang sekitar 14,2 meter, rentang sayap sekitar 13,3 meter dan tinggi mencapai 4,6 meter. Jenis pesawat jet yang tergolong cukup ringan ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 6 hingga 7 penumpang dalam konfigurasi standar.

Secara mesin, pesawat jenis ini dilengkapi dengan dua mesin turbofan Williams International FJ44-2A dengan dorongan maksimum mesin sekitar 2.300 lbf per mesin.



Di sisi lain, performa pesawat ini memiliki kecepatan maksimum sekitar 521 knot atau 963km/jam dengan jangkauan sekitar 1.300 hingga 1.500 mil nautikal tergantung pada beban dan kondisi penerbangan.

Selain itu di bagian kokpit dan Avionik, pesawat Beechcraft Model 390 dilengkapi dengan avionik canggih, termasuk layar EFIS (Electronic Flight Instrument System) dan sistem pengendalian penerbangan yang modern.

Itulah spesifikasi pesawat N28JV yang Jatuh di jalanrayaMalaysia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)