Daftar Hewan yang Hidup di Benua Arktik dan Jarang DiKetahui Orang

Selasa, 22 Agustus 2023 - 15:07 WIB
loading...
Daftar Hewan yang Hidup di Benua Arktik dan Jarang DiKetahui Orang
Daftar Hewan yang Hidup di Benua Arktik . FOTO/ ifl Science
A A A
ANTARTIKA - Benua Arktik atau sebuah wilayah yang membentang di Kutub Utara ini dikenal sebagai lingkungan yang penuh tantangan bagi kehidupan.



Namun, beberapa spesies hewan menakjubkan yang jarang diketahui manusia telah berhasil beradaptasi dan mampu bertahan hidup di dalam lingkungan yang penuh dengan es dan suhu yang sangat dingin.

Mungkin, orang hanya tau binatang yang terkenal di daerah Kutub Utara adalah Beruang Kutub. Benar saja Beruang Kutub merupakan salah satu hewan terkenal di Kutub Utara, Ia mampu bertahan karena memiliki bulu yang lebat.

Namun, selain Beruang Kutub berikut spesies hewan lainnya yang dapat hidup di Benua Arktik:

1. Narwhal

Monodon Monoceros atau Narwhal merupakan spesies paus yang dapat ditemukan di Kutub Utara. Narwhal merupakan salah satu jenis hewan yang unik karena memiliki bentuk tubuh seperti paus dengan lapisan lemak yang tebal, tanduk yang panjang menjadikan Narwhal ini disebut sebagai “Paus Bertanduk”.

2. Rubah Arktik

Vulpes Lagopus merupakan Rubah yang memiliki ukuran seperti anjing dan dapat hidup di musim yang sangat ekstrim seperti Benua Arktik ini. Rubah Arktik dapat bertahan di suhu sekitar -70°C karena Ia memiliki bulu yang tebal. Uniknya Rubah Arktik dapat mengubah warna bulunya sesuai musim.

Ketika memasuki musim dingin Rubah Arktik merubah warna bulunya menjadi putih agar memiliki kesamaan warna dengan salju, sedangkan ketika musim panas tiba Ia mengubah warna bulunya menjadi coklat atau biru ke abu-abuan.

3. Walrus

Odobenus Rosmarus merupakan mamalia laut yang dapat ditemukan di perairan Kutub Utara. Walrus memiliki tubuh besar yang ditutupi oleh lapisan lemak.

Lemak tersebut berperan untuk menjaga suhu tubuh Walrus dan sebagai sumber cadangan energi bagi Walrus. Walrus memiliki gigi taring panjang yang memiliki beberapa manfaat sebagai tempat berpegangan pada es serta membantu dalam berburu makanan.

4. Burung Hantu Salju

Bubo Scandiacus biasanya berada di Eropa dan Amerika bagian utara. Burung Hantu Salju memiliki bulu yang tebal berwarna putih. Bulu yang tebal ini memiliki tujuan untuk melindungi diri dari cuaca dingin yang ekstrim.

Warna putih dari bulu tersebut juga sebagai pelindung Burung Hantu Salju dari serangan musuh karena Ia akan terlihat seperti gundukan salju.

5. Rusa Kutub

Rangifer Tarandus atau Rusa Kutub yang sering digambarkan sebagai kendaraan Santa Claus merupakan salah satu hewan yang dapat ditemukan di Benua Arktik.

Di kawasan Lapland Finlandia Utara, Rusa Kutub dijadikan sebagai ajang balap. Dikawasan tersebut populasi Rusa Kutub sangat banyak, bahkan hampir sama dengan jumlah manusia.

6. Muskox

Ovibos Moschatus merupakan mamalia yang hidup di kawasan Kutub Utara. Sebagian orang mungkin melihat Muskox merupakan keluarga dari banteng, Namun, Muskox masih satu spesies dengan kambing liar atau domba.

Muskox memiliki tubuh tegap besar dan dilapisi oleh bulu yang tebal sebagai pelindung terhadap cuaca dingin yang ekstrim. Ditambah dengan bulu yang membentuk jubah di pundak yang memberikan kesan kekar pada tubuh Muskox.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)