Begini Cara Chandrayaan-3 India Mendarat di Bulan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 17:56 WIB
loading...
Begini Cara Chandrayaan-3 India Mendarat di Bulan
Wahana antariksa India Chandrayaan-3 sukses mendarat di Bulan. Foto/ISRO
A A A
JAKARTA - Misi Chandrayaan-3 India mendarat di di Bulan telah berhasil. Keberhasilan misi ini membuat India menjadi negara keempat yang berhasil mendarat di Bulan, setelah Rusia, Amerika Serikat, dan China.

Sebelum meluncurkan eksperimen ini, Badan Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) sempat menjelaskan tentang detail misi yang dilakukan.

Dilansir dari Reuters, misi Chandrayaan-3 diluncurkan pada 14 Juli dari pelabuhan luar angkasa utama India di negara bagian Andhra Pradesh di selatan.

Eksperimen pendaratan di Bulan ini bukan pertama kalinya diupayakan oleh ISRO. Mereka sebelumnya sempat melakukan percobaan pada tahun 2019, namun berujung kegagalan.

Medan yang berat merupakan salah satu kendala pendaratan di kutub Bulan. Para ilmuwan ISRO mengatakan mereka telah membuat penyesuaian yang membuat misi saat ini lebih mungkin berhasil mendarat.

Itu termasuk sistem untuk memperluas zona pendaratan potensial. Pendarat ini juga dilengkapi dengan bahan bakar yang lebih banyak serta kaki-kai yang lebih kokoh untuk menghantam daratan Bulan.

Lantas, bagaimana cara Chandrayaan-3 ini mendarat di Bulan dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Cara Chandrayaan-3 India Mendarat di Bulan


Setelah peluncurannya pada Juli lalu, Chandrayaan-3 mulai menuju Bulan pada tanggal 23 Agustus 2023 setelah melakukan pengorbitan.

Menurut laman India Today, Chandrayaan-3 bergerak dengan bergerak dengan kecepatan luar biasa layaknya peluru bila ditembakkan.

Setelah melakukan pengorbitan Bulan, Chandrayaan-3 yang berada di jarak 745,5 km dari tempat pendaratan yang dipilih, melayang sekitar 30 km di atas permukaan Bulan dengan kecepatan 1,6 kilometer per detik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)