Begini Cara Chandrayaan-3 India Mendarat di Bulan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 17:56 WIB
loading...
A A A


Dalam 690 detik berikutnya, mesin pemberhentian Chandrayaan-3 akan menyala, macam menginjak rem sepeda. Secara perlahan pesawat luar angkasa ini mulai bergerak ke permukaan Bulan.

Perlambatan terkendali ini akan mengurangi kecepatan awalnya, dan tarikan gravitasi Bulan akan memandunya ke bawah dengan kecepatan sekitar 60 meter per detik.

Ketika lambat, Chandrayaan-3 akan sedikit berbelok untuk menyelaraskan dirinya secara sempurna dengan tempat pendaratan.

Pada akhir prosedur ini, Chandrayaan-3 hanya berjarak sekitar 32 km dari lokasi pendaratan yang diinginkan, dan berada sekitar 7,5 km di atas permukaan Bulan. Meskipun terdengar tinggal satu langkah lagi, namun fase ini bisa dibilang menjadi yang tersulit karena percobaan pada 2019 lalu juga gagal pada fase ini.

Dalam fase ini pesawat luar angkasa akan memasuki masa pengereman halus, hingga melayang di atas permukaan tanah pada ketinggian 800-1300 meter tepat di tempat pendaratan.

Proses pendaratan sendiri dimulai dengan mendekat ke permukaan bulan sejauh 150 meter, jika dirasa aman maka pesawat akan kembali mendekat ke permukaan 150 meter lagi hingga proses pendaratan tercipta.

Itulah proses pendaratan Chandrayaan-3 yang berhasil mendarat di Bulan. Keberhasilan ini sekaligus menjadi babak baru bagi ISRO dalam pengembaraan luar angkasa India.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)