Setelah India, Giliran Jepang Luncurkan Misi ke Bulan dengan Pesawat Moon Sniper

Minggu, 27 Agustus 2023 - 09:47 WIB
loading...
Setelah India, Giliran Jepang Luncurkan Misi ke Bulan dengan Pesawat Moon Sniper
Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) siap meluncurkan sepasang misi sains bulan dan luar angkasa. Foto/Space/JAXA
A A A
TOKYO - Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) siap meluncurkan sepasang misi sains ke bulan dan luar angkasa. Pesawat luar angkasa Jepang yang diberi nama SLIM atau Moon Sniper dijadwalkan diluncurkan di Pusat Antariksa Tanegashima pada Senin 28 Agustus 2023.

JAXA akan mengirimkan Smart Lander for Investigating Moon atau SLIM ke bulan untuk mendemonstrasikan teknik pendaratan yang akurat sekaligus menempatkan Misi Pencitraan dan Spektroskopi Sinar-X (XRISM) di orbit rendah Bumi. Peluncuran pesawat SLIM juga untuk mempelajari fenomena langit yang ekstrem.

Pesawar ruang angkasa SLIM yang dikenal sebagai Moon Sniper diperkirakan akan tiba di orbit bulan 3 hingga 4 bulan setelah peluncuran. Setelah sekitar satu bulan berada di orbit, pesawat ruang angkasa tersebut akan turun ke permukaan selama 20 menit dan mendarat dalam jarak 100 meter dari target yang diinginkan.



Ini adalah bagian penting dari misi ini, karena akurasi pendarat konvensional sekitar beberapa kilometer. Peluncuran SLIM dijadwalkan dilakukan lebih awal pada 26 Agustus, namun ditunda akibat sehingga ditargetkan peluncuran antara 28 Agustus hingga 15 September.

Pesawat ruang angkasa tersebut akan mendarat di lereng Kawah Shioli, fitur tumbukan yang relatif baru dengan lebar 300 meter di Mare Nectaris. Posisinya sekitar 13 derajat lintang selatan dan 25 derajat bujur timur di sisi dekat bulan.

Pesawat ruang angkasa SLIM berbobot 1.300 pon atau 590 kilogram, dengan sekitar dua pertiganya adalah bahan bakar. SLIM akan menggunakan lima kaki kisi aluminium setengah lingkaran untuk pendaratan dan membantunya mendarat di lereng.

Jika berhasil, Jepang akan menjadi negara kelima yang berhasil melakukan pendaratan lunak di bulan. Peluncuran ini dilakukan beberapa hari setelah India menjadi negara keempat dengan misi Chandrayaan-3.



Tujuan misi utamanya adalah mendemonstrasikan pendaratan yang "tepat", sekaligus membuktikan sistem ringan untuk eksplorasi tata surya yang lebih ekonomis. SLIM juga membawa instrumen sains dalam bentuk kamera multiband untuk menilai lingkungan mineralogi lokal dan rangkaian reflektor laser kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3012 seconds (0.1#10.140)