5 Fakta Luna 25 Rusia, Gagal Mendarat di Bulan Akibat Salah Orbit

Minggu, 27 Agustus 2023 - 19:50 WIB
loading...
A A A
Pendarat ini memiliki Lunar Robotic Arm (Lunar Manipulator Complex/LRA) sepanjang 1,6 meter untuk memindahkan dan mengumpulkan regolit permukaan hingga kedalaman 20 hingga 30 cm. Massa total LRA adalah 5,5 kg, menggunakan daya nominal 30 W, dan daya maksimum 50 W.

4. Ditargetkan Beroperasi Setahun di Bulan

5 Fakta Luna 25 Rusia, Gagal Mendarat di Bulan Akibat Salah Orbit

Misi Luna 25 ditargetkan melakukan pendaratan di wilayah kutub selatan bulan, lokasi pendaratan utama berada di sebelah utara kawah Boguslavsky. Lokasi pendaratan cadangan berada di barat daya kawah Manzini.

Kedua titik koordinat tersebut merupakan pusat elips pendaratan berukuran 15 x 30 km. Pendarat tersebut diharapkan beroperasi di permukaan bulan, mencari air es, mempelajari regolit permukaan serta debu dan partikel eksosfer, selama satu tahun.

5. Penyebab Jatuh Masih Diselidiki

Badan Antariksa Rusia (Roscocmos) melaporkan pada Minggu 20 Agustus 2023 bahwa pendarat bulan Luna 25 Rusia telah jatuh ke permukaan bulan. Analisis awal menunjukkan bahwa manuver orbital yang tidak disengaja mengirim Luna 25 ke lintasan yang tidak terduga.



“Menurut hasil analisis awal, karena penyimpangan parameter impuls dari yang dihitung, sehingga perangkat beralih ke orbit di luar desain. Komisi antardepartemen yang dibentuk secara khusus akan menyelidiki kegagalan pendaratan di Bulan,” tulis Roscosmos.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)