Penuh Cucuran Air Mata dan Darah, Gunung Qasiun Disebut Lokasi Paling Mustajab

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:16 WIB
loading...
Penuh Cucuran Air Mata dan Darah, Gunung Qasiun Disebut Lokasi Paling Mustajab
Gunung Qasiun Disebut Lokasi Paling Mustajab. FOTO SYRIAN CULTURE
A A A
JAKARTA - Tempat pembunuhan Habil oleh Qabil diduga terjadi di Gunung Qasiun, di wilayah Damaskus. Penduduk Damaskus menyebut tempat ini dengan Syahqatul Jabal (teriakan gunung). Di wilayah ini diyakini menjadi tempat makam sejumlah nabi, termasuk Nabi
Adam.



Gunung Qosiun memang memiliki banyak sebutan. Semuanya berlatar belakang kisah tersendiri yang terjadi di sana. Di antara sebutannya adalah Gua Kelaparan, Gua Jibril, Gua Darah dan lain-lain.

Buku "Umur dan Silsilah Para Nabi" karya Jihad Muhammad Hajjaj dan ‎Anis Maftuhin menyebut gunung ini tak pernah berhenti mencucurkan air mata karena sedih atas apa yang telah diperbuat oleh Qabil terhadap saudaranya sendiri.

Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Alquran, menjelaskan di Gunung Qasiun yang menjulang tinggi di Kota Damaskus dari arah utara, terdapat satu gua yang bernama Magharatud dan yang berarti gua darah.

Sebagaimana diterangkan dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 28 yang artinya,

"Sungguh apabila engkau (Qabil) menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, maka sekali-kali aku tidak akan menggerakkan tanganku untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seluruh alam semesta," (QS, Al-Maidah: 28).

Adapun untuk lokasi dimana tempat tempat pembunuhan Habil yang dilakukan Qabil, sebagaimana diterangkan dalam buku kisah Nabi dan Rasul karya Ibnu Katsiir.

Seperti yang dikutip dari keterangan para ahli kitab, jika tempat pembunuhan Habil ini di kawasan pegunungan Qasiun, daerah sebelah utara kota Damaskus, Syiria.

Di pegunungan Qasiun tersebut terdapat sebuah gua yang banyak orang menyebutnya dengan nama gua Dam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)