Astronom Akui NASA Merahasiakan Keberadaan Alien sejak 50 Tahun Lalu

Selasa, 29 Agustus 2023 - 09:22 WIB
loading...
Astronom Akui NASA Merahasiakan Keberadaan Alien sejak 50 Tahun Lalu
NASA Merahasiakan Keberadaan Alien sejak 50 Tahun Lalu. FOTO/ THE SUN
A A A
NEW YORK - NASA diyakini telah menemumkan adanya kehidupan alien di planet Mars pada 50 tahun lalu. Kehidupan alien itu didapat saat NASA menjalankan misi Viking yang berhasil mendarat di planet merah itu pada 1976.



Saat itu Viking mendeteksi adanya kehidupan alien di planet Mars. Sayangnya mereka malah tidak sengaja membunuh alien itu.

Dikutip Daily Mail, Selasa (29/8/2023), klaim itu disuarakan Dirk Schulze-Makuch, peneliti dari Technicall University Berlin, Jerman. Dia mengatakan pesawat ruang angkasa Viking yang dikirim NASA ke Mars memiliki misi khusus yakni memotret kondisi permukaan dan mengungkap potensi kehidupan lain di planet itu.

Viking menurut Dirk Schulze-Makuch memang berhasil memotret kondisi permukaan Mars yang saat itu sulit untuk dilakukan. Hanya saja untuk mengungkap potensi kehidupan lain di planet itu, Viking justru dianggap melakukan kesalahan.

Viking mencoba meneliti keberadaan air di planet tersebut. Hanya saja Viking menambah kondisi air itu dengan air yang mereka bawa dari Bumi.

Hal itu menurut Dirk Schulze-Makuch justru jadi kesalahan yang membuat keberadaan kehidupan alien di Mars hilang. Teori ini menurut Daily Mail memang terkesan aneh.

Hanya saja menurut mereka teori ini justru pernah menguatkan kondisi yangt erjadi di gurun Atacama, Chili yang dianggap mirip dengan kondisi Mars. Mikorba yang ada di Atacama justru tidak memerlukan hujan untuk bertahan hidup. Mereka justru akan mati ketika terlalu banyak air.

"Kehidupan di Mars telah beradaptasi dengan kondisi yang ada. Eksperimen Viking, yang melibatkan penambahan air ke sampel tanah, mungkin telah membuat mikroba potensial ini kewalahan, sehingga menyebabkan kematian mereka," jelas Dirk Schulze-Makuch.

Sebelumnya salah satu peneliti yang terlibat dalam misi Viking, Norman Horowitz, justru punya pendapat sebaliknya. Dari foto-foto yang dikirim Viking ke Bumi terlihat Mars adalah sebuah planet tanpa air cair. Tidak ada molekul organik atau lapisan ozon untuk melindungi permukaannya dari radiasi.

Dalam bukunya “To Utopia and Back” Norman Horowitz tidak yakin adanya kehidupan di luar Bumi. Termasuk potensi manusia untuk tinggal di Mars.

Dalam buku itu dia memastikan bahwa Bumi adalah satu-satunya habitat yang paling menjanjikan bagi kehidupan di luar Bumi di tata surya.

"Kita perlu bangun dari mimpi. Kita sendirian, kita dan spesies lain di sini, sebenarnya saudara kita, yang berbagi Bumi dengan kita," tulisnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)