Si Pemburu Malam, Helikopter Rusia MI-28N Mampu Hancurkan Target dalam Gelap Gulita

Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:47 WIB
loading...
Si Pemburu Malam, Helikopter Rusia MI-28N Mampu Hancurkan Target dalam Gelap Gulita
Dijuluki Si Pemburu Malam, helikopter tempur canggih Rusia MI-28N mampu dioperasikan kapan saja, termasuk dalam kondisi jarak pandang terbatas dan ketinggian rendah. Foto/Military Watch Magazine
A A A
MOSKOW - Dijuluki Si Pemburu Malam, helikopter tempur canggih Rusia MI-28N mampu dioperasikan kapan saja, termasuk dalam kondisi jarak pandang terbatas dan ketinggian rendah. Helikopter MI-28N Night Hunter mampu menghancurkan target sejauh 10 km dalam kondisi gelap gulita.

Secara teknis, spesifikasi helikopter tempur MI-28N memiliki persenjataan dan avionik canggih yang dibuat sangat rumit. Mengingat helikopter MI-28N dirancang untuk melaksanakan berbagai misi rumit dalam kondisi yang sulit di medan tempur.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Rabu (30/8/2023), helikopter tempur MI-28N dilengkapi dengan serangkaian persenjataan yang tangguh. Mulai dari meriam 2A42 1x30-mm lengkap dengan muatan amunisi sebanyak 250 peluru.



Helikopter Night Hunter ini mampu membawa rudal, bom, dan persenjataan tambahan yang dipandu dan tidak terarah di empat titik suspensinya. Di antaranya sistem peluru kendali anti-tank Sturm-B, Ataka-B, dan Ataka-VN yang memiliki presisi dan daya hancur tinggi.

“Persenjataan mematikan ini disandingkan dengan sistem deteksi dan panduan optoelektronik yang canggih. Helikopter MI-28N dilengkapi kamera pencitraan termal dan kamera televisi definisi tinggi,” tulis laman Bulgarian Military, Rabu (30/8/2023).

Teknologi canggih ini memberi kru kemampuan untuk membedakan target pada jarak hingga 10 kilometer, dan dengan presisi, mengarahkan persenjataan ke arah target. Helikopter ini juga mampu menggabungkan panduan manual dan otomatis, untuk mengarahkan senjata secara akurat ke sasaran.

Sistem rudal Sturm, termasuk rudal 9K121В Vihr-B, menggunakan mekanisme panduan laser, sehingga memungkinkannya menyerang sasaran lapis baja pada jarak maksimum 8 kilometer. Sebaliknya, sistem rudal Ataka yang dirancang khusus untuk melenyapkan kendaraan lapis baja berbasis darat dan struktur serupa, memiliki jangkauan tembak yang mencapai 6 kilometer.



Kemampuan membawa berbagai senjata mematikan membuat helikopter MI-28N memiliki bobot yang berat sekitar 8.000 kg. Bobot ini menunjukkan kapasitas persenjataan yang dibawa seberat 2.300 kilogram. Termasuk kapasitas bahan bakar seberat 1.500 kilogram yang dapat ditampung dalam strukturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2970 seconds (0.1#10.140)