Fenomena Alam langka, Penampakan Petir Terbalik Tertangkap kamera

Jum'at, 01 September 2023 - 13:13 WIB
loading...
Fenomena Alam langka, Penampakan Petir Terbalik Tertangkap kamera
, Penampakan Petir Terbalik Tertangkap kamera. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LIMA - Seorang fotografer asal Puerto Riko, Frankie Lucena berhasil mengabadikan momen langka penampakan petir terbaik. Dari hasil jepretannya bisa dilihat bahwa fenomena t ersebut cukup mengerikan.



Terjadi saat badai, petir terbalik itu memiliki beberapa sambaran petir yang sangat besar, meledak lurus ke atas dan berhenti tepat di bawah tepi angkasa. Petir keluar dari awan badai dengan warna merah menyala.

Sebagaimana dilansir dari Live Science pada Jumat (1/9/2023), kilatan petir ini juga dikenal sebagai gigantic jets. Ini adalah jenis petir yang paling langka dan paling kuat, terjadi sedikitnya 1.000 kali dalam setahun.

Petir tersebut memiliki kekuatan lebih dari 50 kali lipat kekuatan sambaran petir pada biasa. Saking kuatnya, petir terbalik dapat naik lebih dari 80 kilometer di atas permukaan bumi dan menyentuh bagian bawah ionosfer.

Bagi yang belum tahu, ionosfer senfiti merupakan lapisan besar partikel bermuatan listrik tempat bagian atas atmosfer bertemu dengan bagian bawah luar angkasa.

Ruang angkasa secara teknis dimulai pada ketinggian 62 mil, atau 100 km, di atas permukaan laut, sedangkan ionosfer membentang sekitar 50 hingga 400 mil, atau 80 hingga 640 km, di atas permukaan laut.

Meskipun jarang terjadi, petir terbalik bukanlah pemandangan yang asing selama musim badai Atlantik. Gigantic jets dilaporkan paling sering terjadi di wilayah tropis, terutama selama badai tropis yang meningkat dengan cepat.

Gigantic jets sendiri baru diketahui para ilmuwan selama sekitar 20 tahun, dan masih banyak misteri yang belum terungkap tentang penir jenis ini, termasuk sifatnya yang justru naik ke atas bukannya menyambar ke bawah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)