7 Fakta Rudal THAAD Milik AS, Salah Satunya Jadi Senjata untuk Bungkam Korea Utara

Senin, 04 September 2023 - 17:49 WIB
loading...
7 Fakta Rudal THAAD Milik AS, Salah Satunya Jadi Senjata untuk Bungkam Korea Utara
Rudal THAAD milik AS dikembangkan oleh Lockheed Martin Missile and Space pada 1992. Foto/Military Aerospace
A A A
JAKARTA - Rudal THAAD atau Terminal High Altitude Area Defense adalah sistem rudal Amerika Serikat (AS) yang punya kemampuan untuk mencegat rudal balistik. Pemasangan yang mudah dan pengubahan posisinya yang fleksibel membuat THAAD menjadi sistem pertahanan misil paling mumpuni untuk saat ini.

Sistem rudal THAAD dikembangkan oleh Lockheed Martin Missile and Space di Amerika Serikat pada tahun 1992. Rudal ini telah menunjukkan kemampuannya untuk mencegah serangan rudal di udara pada tahun 2008 silam setelah melakoni sejumlah percobaan.

Selain sejumlah fakta umum yang telah disebutkan, terdapat pula beberapa fakta menarik tentang rudal THAAD milik AS ini.

Fakta Rudal THAAD Milik AS


1. Punya Kecepatan Tinggi


Kemampuan THAAD dalam mencegah serangan rudal di udara mampu mencapai jarak 200 km dengan maksimum ketinggian 150 km. Kecepatan THAAD juga mencapai 8,24 mach atau setara dengan 10.175 km/jam.



Rudal THAAD bekerja dengan cara menembak jatuh rudal yang ada baik di dalam maupun di luar atmosfer.

2. Memiliki Sistem Perisai Pertahanan Berlapis


Sistem THAAD juga memiliki layered defensive shield atau perisai pertahanan berlapis yang biasa digunakan untuk melindungi situs strategis atau taktis bernilai tinggi seperti lapangan udara atau pusat populasi.

Rudal THAAD juga berfungsi untuk mencegat ancaman exo-atmosfer dan endo-atmosfer. Tidak hanya itu, senjata ini juga mampu menangkal rudal short ranged ballistic missiles (rudal jarak pendek) dan medium ranged ballistic missiles (rudal jarak menengah) dengan metode hit to kill (tabrakan).

3. Spesifikasi Rudal THAAD


Sistem THAAD sendiri terdiri dari 4 komponen yaitu launcher (peluncur), rudal, fire control, dan radar. Komponen pertama pada THAAD ini adalah peluncur yang dipasang pada truk M1075.

Kemudian ada rudal yang terdapat pada THAAD dengan ukuran panjang 6,17 meter dan berat 900 kg. Terakhir, ada kill vehicle (KV) yang berfungsi untuk memusnahkan target dengan menggunakan energi kinetik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)