7 Fakta Rudal THAAD Milik AS, Salah Satunya Jadi Senjata untuk Bungkam Korea Utara

Senin, 04 September 2023 - 17:49 WIB
loading...
A A A

4. Memiliki Dua Mode Radar


Radar yang terdapat pada THAAD memiliki 2 mode yang berbeda yang pertama adalah forward-based mode, mode ini berfungsi untuk melacak rudal dan juga mendeteksi target selama fase boost.

Mode yang kedua adalah terminal mode berfungsi untuk mengakuisisi target dari hasil pelacakan pada fase terminal saat menuju target.

5. Hawai Jadi Lokasi Pertama Pengembangan THAAD


Pada tahun 2009 Amerika Serikat memasang THAAD di Hawaii. THAAD di Hawaii menjadi lokasi pertama dikembangkannya THAAD oleh Amerika Serikat.

Alasan pembangunan THAAD di Hawaii ini adalah untuk melindungi wilayahnya dari serangan Korea Utara melalui jalur Archipelago. Pada tahun ini Hawaii diharapkan akan menjadi pusat pertahanan rudal anti balistik Amerika.

6. Negara Lain yang Dipasang THAAD


Sampai saat ini AS telah menyebar sistem rudal THAAD untuk beberapa negara. Seperti Guam pada tahun 2013, UEA di tahun 2012, Israel di 2019, Romania pada 2019, dan Korea Selatan.

7. Alasan Pemasangan Rudal THAAD di Korea Selatan


Pengadaan THAAD di Korea Selatan dilatarbelakangi oleh meningkatnya kapabilitas militer Korea Utara sejak tahun 2016. Oleh karena itu, pada Juli 2019, Korea Selatan memutuskan untuk memasang THAAD milik Amerika Serikat di wilayah Seongju.

Nuklir milik Korea Utara menjadi ancaman penting bagi Korea Selatan. Selain menjadi ancaman bagi Korea Selatan, nuklir ini juga dapat menjadi ancaman bagi seluruh dunia apabila jangkauan rudal tersebut semakin ditingkatkan.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)