Apakah Kanguru Bisa Berjalan? Ini Faktanya

Jum'at, 15 September 2023 - 17:37 WIB
loading...
Apakah Kanguru Bisa Berjalan? Ini Faktanya
Kanguru menjadi salah satu hewan yang bergeraknya dengan melompat-lompat. Foto/Australian Museum
A A A
JAKARTA - Kanguru menjadi salah satu hewan yang memiliki karakteristik unik. Salah satunya karena memiliki sebuah kantong (marsupialia) pada bagian depan tubuhnya.

Tak hanya itu, ciri khas lain dari hewan mamalia ini adalah cara bergeraknya yang melompat-lompat. Kanguru biasa menggunakan kaki bagian belakangnya untuk melompat, sementara kaki depan digunakan guna mengambil makanan.

Kanguru termasuk sebagai salah satu hewan khas yang biasa ditemui di Australia. Beberapa jenisnya yang umum antara lain Kanguru Merah hingga Kanguru Abu-abu Timur.



Tampak selalu melompat ketika bergerak, apakah Kanguru bisa berjalan kaki?

Apa Kanguru Bisa Jalan Kaki?


Jawabannya adalah bisa. Secara umum, Kanguru memang sering terlihat bergerak dengan cara melompat-lompat. Mereka bahkan bisa terus melompat dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Terlepas dari ciri khas lompatannya, Kanguru justru menghabiskan lebih banyak waktu dengan berjalan. Sedikit berbeda dengan hewan lain, mereka biasa berjalan tertatih-tatih dan terlihat membungkuk.

Mengutip laman National Geographic, Jumat (15/9/2023), Kanguru bisa berjalan santai dengan kecepatan sekitar 6 kilometer per jam. Biasanya, gerakan ini digunakan ketika mereka bersosialisasi atau memungut makanan.



Namun, cara berjalan Kanguru berbeda dengan hewan lain. Karena memiliki kaki belakang yang besar, mereka tidak terlalu baik ketika berjalan atau berlari.

Saat berjalan, Kanguru akan terlihat seperti sedang merangkak tertatih-tatih sambil menggerakkan kakinya bersamaan. Selain itu, mereka juga memanfaatkan bantuan ekornya sebagai penopang tubuh di tanah.

Secara sederhana, Kanguru berjalan dengan mengayunkan kaki belakangnya ke depan. Kemudian, dia juga mengayunkan kaki depannya ke belakang. Sementara ekornya akan menjadi penopang tubuh dan menjaga keseimbangannya ketika berjalan.

Jadi, dapat dipahami bahwa selain melompat, Kanguru juga bisa berjalan santai. Hanya saja, cara mereka berjalan sedikit berbeda dengan hewan lain karena keadaan tubuhnya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)