Terungkap, Rahasia di Balik Berlian Pink Langka yang Menakjubkan

Kamis, 21 September 2023 - 07:05 WIB
loading...
Terungkap, Rahasia di Balik Berlian Pink Langka yang Menakjubkan
Berlian pink sangat sulit ditemukan dan memiliki harga fantastis. (Foto: Murray Rayner)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan akhirnya berhasil mengungkap rahasia di balik terbentuknya berlian pink yang super langka. Hal ini akan menuntun pada lokasi keberadaan berlian pink lainnya yang tersembunyi di dalam tanah.

Berlian terbentuk pada lapisan dalam Bumi dengan panas dan tekanan yang sangat tinggi kemudian muncul ke permukaan bumi bersama lava dari letusan gunung berapi. Proses alamiah ini kemudian membentuk berlian. Namun, untuk berlian pink masih ada banyak hal yang belum bisa dijelaskan.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Curtin University di Australia kini telah memberikan potongan penting dari teka-teki yang menjelaskan bagaimana berlian pink terbentuk dan muncul ke permukaan Bumi.

Selain tekanan dari tumbukan lempeng tektonik, berlian pink membutuhkan benua untuk meregang saat pecah. Tarikan inilah yang mengeruk berlian pink dari kedalaman mantel, sehingga ditemukan oleh manusia yang menambangnya.



Sebelum ditutup pada 2020, tambang Argyle di wilayah timur terpencil Kimberley, Australia Barat, menyuplai 90 persen berlian pink dunia. Kini upaya pencarian tambang serupa terus dilakukan. Penutupan tambang Argyle dikarenakan biaya ekstraksi lebih mahal karena tambang menjadi lebih dalam dari waktu ke waktu.

"Selama ketiga bahan ini hadir, karbon dalam jumlah besar, tumbukan benua, dan kemudian meregang, maka kami pikir akan mungkin untuk menemukan Argyle berikutnya, yang dulunya adalah sumber alami berlian terbesar di dunia," kata ahli geologi Hugo Olierook dari Universitas Curtin di Australia dikutip dari Science Alert, Kamis (20/9/2023).

Selain Argyle, berlian pink hanya ditemukan di tambang Kollur di Andhra Pradesh, India. Kemudian pada abad ke-17 dan 18, berlian pink ditemukan di kawasan Minas Gerais, Brasil. Berlian pink juga ditemukan di Rusia, Afrika Selatan, Kanada, Tanzania dan Siberia.

Berlian pink memiliki harga fantastis. Rekor harga lelang tertinggi yang pernah ada untuk batu semacam itu dipegang oleh CTF Pink Star, yang dijual seharga USD71,2 juta di Hong Kong pada 2017. Berlian Williamson Pink Star, yang dijual seharga USD57,7 juta pada 2022, juga di Hong Kong, memegang rekor harga tertinggi per karat, hampir USD5,2 juta.

Hingga kini belum diketahui apa yang membuat warnanya pink. Berlian kuning atau biru mendapatkan warnanya dari keberadaan unsur lain, tetapi berlian pink memiliki kemurnian kimia sama dengan varietas putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2725 seconds (0.1#10.140)