Fenomena Petir Menyambar Pengunjung Pantai Berkali-kali Terjadi di Meksiko

Kamis, 21 September 2023 - 13:51 WIB
loading...
Fenomena Petir Menyambar Pengunjung Pantai Berkali-kali Terjadi di Meksiko
Petir Menyambar Pengunjung Pantai Berkali-kali Terjadi di Meksiko. FOTO/ DAILY START
A A A
MEXICO CITY - Sebuah video memperlihatkan momen sambaran petir menyambar orang-orang di sebuah pantai di Meksiko, tepatnya di Aquila, Nayarit, Meksiko.


Seperti dilansir dari Daily Star, Kamus (21/9/2023), video tersebut direkam pada tanggal 20 September 2023, dan telah ditonton lebih dari 1 juta kali di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat sekelompok orang sedang bersantai di pantai saat hujan turun. Tiba-tiba, petir menyambar ke arah mereka.

Beberapa orang terlihat tersambar petir, dan beberapa orang lainnya terlihat berlarian untuk menyelamatkan diri.

Sambaran petir tersebut menyebabkan beberapa orang terluka, termasuk seorang anak perempuan berusia 10 tahun yang mengalami luka bakar serius. Anak perempuan tersebut telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Peristiwa ini mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati saat cuaca buruk, terutama saat ada petir.

Fenomena petir berkilatan adalah pelepasan listrik statis yang terjadi di atmosfer. Petir dapat terjadi antara awan dengan awan, antara awan dengan bumi, atau bahkan dari awan ke benda di permukaan bumi.

Proses terjadinya petir berkilatan dimulai dari pembentukan muatan listrik di dalam awan.

Awan cumulonimbus, yang merupakan awan yang dapat menghasilkan petir, memiliki muatan positif di bagian atas dan muatan negatif di bagian bawah. Muatan positif ini terbentuk karena adanya gesekan antara partikel-partikel es dan salju di dalam awan.

Ketika beda potensial antara bagian atas dan bawah awan menjadi cukup besar, akan terjadi pelepasan muatan listrik dalam bentuk petir.

Petir dapat berkilat dari awan ke awan, dari awan ke bumi, atau bahkan dari awan ke benda di permukaan bumi.

Petir berkilat terjadi sangat cepat, yaitu sekitar 1/1000 detik. Namun, kilatan petir dapat terlihat oleh mata manusia karena sangat terang. Suhu petir juga sangat tinggi, yaitu sekitar 30.000 derajat Celcius.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4551 seconds (0.1#10.140)