Pesulap Fenomenal David Copperfield Kirim 100 GB Data Manusia ke Bulan, Untuk Apa?

Sabtu, 23 September 2023 - 07:15 WIB
loading...
Pesulap Fenomenal David Copperfield Kirim 100 GB Data Manusia ke Bulan, Untuk Apa?
David Copperfield berinvestasi pada startup baru yang mengirimkan data ilmu manusia ke bulan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pesulap fenomenal David Copperfield punya kesibukan baru. Bahkan, tidak ada hubungannya dengan dunia sulap. Pesulap berusia 67 tahun itu sedang sibuk menggarap proyek yang diklaim untuk umat manusia di masa depan.

Dilansir dari Techradar, David Copperfield saat ini sedang berinvestasi pada startup penyimpanan data yang akan mengirim disk berkapasitas 100 GB ke bulan. Untuk apa? Diharapkan data itu akan dipakai oleh manusia di masa depan.

Dibawa oleh startup Arch Mission Foundation (AMF), nantinya HDD itu akan berguna sebagai sumber pengetahuan cadangan yang bisa digunakan oleh umat manusia yang menemukannya di masa depan.

Pesulap Fenomenal David Copperfield Kirim 100 GB Data Manusia ke Bulan, Untuk Apa?

Saat ini disk nanofiche berbasis nikel tersebut telah ditanam di permukaan Bulan. Disk berisi arsip tersebut berfungsi sebagai cadangan kekayaan pengetahuan manusia yang bisa berguna suatu saat.

Selain berinvestasi, David Copperfield juga menyumbangkan sebagian karyanya ke dalam disk. Semua ilmu yang dimilikinya dimasukan ke disk 25 lapis yang berdiameter 120 mm dan tebal 0,04 mm.

Dilaporkan bahwa ada sekitar 60.000 halaman konten yang dapat diakses nantinya mengguna mikroskop optik hingga 200 kali. Di halaman awal berisi lebih dari satu juta arti kata dan konsep dalam beberapa bahasa.

Konten ini mencakup spesifikasi teknis dan ilmiah sehingga siapa pun yang menemukan materi tersebut dapat mempelajari cara mengambil dan menafsirkan data digital disk nanofiche.



Untuk disknya sendiri berisi lebih dari 100 GB data terkompresi, yang berarti sekitar 200 GB informasi tidak terkompresi. Sumber-sumber tersebut mencakup konten dari Wikipedia, Internet Archive, dan informasi tentang hampir 7.000 bahasa dengan kumpulandataPanLex.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)