Lamprey Pasifik, Ikan Misterius Tanpa Rahang Penghisap Darah

Minggu, 24 September 2023 - 22:18 WIB
loading...
Lamprey Pasifik, Ikan Misterius Tanpa Rahang Penghisap Darah
Lamprey Pasifik (Entosphenus tridentatus) termasuk dalam kelompok ikan purba bernama Agnatha yang berevolusi 450 juta tahun lalu. Foto/NOAA/Live Science
A A A
MOSKOW - Lamprey Pasifik (Entosphenus tridentatus) termasuk dalam kelompok ikan purba bernama Agnatha yang berevolusi 450 juta tahun lalu, mendahului dinosaurus dan pepohonan. Ikan misterius ini tak memiliki rahang serta gemar menghisap darah dan cairan tubuh mangsanya sampai kering.

Lamprey Pasifik hidup dalam ekosistem air tawar dan laut di Pasifik Utara, dari California hingga Alaska, dan melintasi Laut Bering hingga Rusia dan Jepang. Ikan ini bisa menghidap darah dan cairan tubuh ikan lain, termasuk salmon Pasifik, flatfish, rockfish, dan Pacific hake.

Lamprey Pasifik termasuk dalam kelompok ikan purba tak berahang yang berevolusi lebih dari 450 juta tahun lalu selama periode Ordovisium (485 juta hingga 444 juta tahun lalu). Dikutip dari laman Live Science, Minggu (24/9/2023), ada sekitar 40 spesies lamprey hidup yang tersebar di seluruh dunia.



“Makhluk mirip belut ini telah berenang naik turun sungai jauh sebelum dinosaurus dan bahkan pepohonan, dan telah selamat dari setidaknya empat kepunahan massal,” tulis Live Science.

Lamprey Pasifik adalah ikan tanpa tulang, dan kerangkanya seluruhnya terbuat dari tulang rawan. Alih-alih memiliki rahang, mereka memiliki mulut pengisap yang dikelilingi gigi, yang digunakan untuk menempel pada mangsanya dan mengambil darah serta cairan tubuh.
Lamprey Pasifik, Ikan Misterius Tanpa Rahang Penghisap Darah


Sejauh yang diketahui para ilmuwan, lamprey tidak memakan daging. Lamprey Pasifik betina bertelur hingga 200.000 telur di sarang dan ditetaskan di air tawar selama tiga hingga empat minggu.

Setelah larva menetas, mereka menggali ke dalam sedimen dan tetap terkubur hingga satu dekade. Mereka muncul sebagai remaja dan bermigrasi ke hilir menuju laut untuk mencari makan, dan baru kembali ke habitat air tawar beberapa tahun kemudian untuk bereproduksi.



Ikan dewasa, yang tumbuh hingga panjang 84 sentimeter, dapat melakukan perjalanan ratusan mil ke daratan untuk mencari tempat pemijahan dan pemeliharaan yang sempurna. Lamprey Pasifik adalah mangsa yang sangat diinginkan oleh banyak spesies burung, mamalia, dan ikan karena dagingnya yang sangat berlemak.

Lamprey Pasifik mengandung kalori tiga hingga lima kali lebih banyak daripada berat salmon. Oleh karena itu, mereka memainkan peran penting dalam ekosistem air tawar dan laut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3964 seconds (0.1#10.140)