Flora dan Fauna Langka yang Bisa Ditemukan di Gunung Bromo, Ada yang Terancam Punah

Selasa, 26 September 2023 - 11:32 WIB
Gunung Bromo menyimpan sejumlah flora dan fauna langka. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
JAKARTA - Gunung Bromo menyimpan sejumlah flora dan fauna langka. Beberapa spesies diketahui terancam akibat kebakaran hutan yang melanda kawasan tersebut.

Kebakaran terjadi pada 6-15 September 2023 menghanguskan padang savana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Peristiwa yang terjadi akibat penggunaan flare untuk keperluan foto pre-wedding itu tentu sangat disayangkan.

Sebab, kawasan tersebut menjadi habitat bagi beberapa satwa dan tumbuhan. Menurut laman Universitas Indonesia, setidaknya terdapat 38 jenis satwa liar yang dilindungi yang mencakup 24 spesies burung, 11 spesies mamalia, 1 spesies reptil, dan 2 spesies serangga.

Peristiwa tersebut diperkirakan akan menimbulkan dampak jangka pendek dan panjang menurut para ahli. Untuk jangka pendek, kebakaran telah melalap habis vegetasi endemik dan beberapa fauna yang ada. Sementara untuk jangka panjang, hewan herbivora sulit untuk memperoleh makanan karena sebagian besar tumbuhan terbakar.

Berikut ini beberapa flora dan fauna yang hidup di kawasan Gunung Bromo. Beberapa di antaranya tergolong langka.

Flora dan Fauna Langka Gunung Bromo

1. Bunga Anggrek Tosari

Nama bunga satu ini diberikan berdasar lokasi pertama ditemukannya, yakni di daerah Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tanaman ini hanya tersebar di Pulau Jawa, dan salah satu tempatnya ada di TNBTS.

Anggrek Tosari menjadi salah satu vegetasi yang terbakar. Namun vegetasi ini diperkirakan akan tumbuh kembali saat musim hujan.

2. Edelweis

Tumbuhan yang bernama Anaphalis Javanica disebut dapat mekar selama 10 tahun. Bunga ini selalu menjadi daya tarik pengunjung yang datang ke Gunung Bromo. Hal ini karena waktu mekarnya yang lama sehingga membuat bunga ini dijuluki bunga abadi.