Super Canggih, Pesawat Raksasa Ini Mampu Terbang 20 Hari Nonstop

Rabu, 27 September 2023 - 12:58 WIB
loading...
Super Canggih, Pesawat Raksasa Ini Mampu Terbang 20 Hari Nonstop
Solar Airship One berbentuk ikan paus raksasa sepanjang 150 meter dan bertenaga surya. (Foto: Daily Mail)
A A A
JAKARTA - Para insinyur di Prancis tengah membangun pesawat raksasa berbentuk ikan paus yang mampu terbang 24.000 mil selama 20 hari nonstop.

Pesawat yang diberi nama Solar Airship One itu merupakan balon udara sepanjang 150 meter dan direncanakan terbang di atas wilayah 25 negara pada 2026. Pesawat ini bertenaga matahari dan hidrogen, sehingga tidak memerlukan bahan bakar fosil dan tidak menghasilkan emisi karbon.

“Sepanjang sejarah, semua impian besar dianggap mustahil sebelum terwujud. Saat ini, petualangan harus dilanjutkan dengan perjalanan besar untuk perlindungan lingkungan dan energi terbarukan,” kata tim di Euro Airship dikutip dari Daily Mail, Rabu (27/9/2023).



Pembuatan pesawat tanpa suara ini berdasarkan riset selama lebih dari 10 tahun. Solar Airship One akan memiliki volume helium sebesar 50.000 m3. Strukturnya terdiri dari 15 selubung gas yang dikontrol secara individual, yang memungkinkannya dikendalikan di tengah cuaca buruk atau badai.

Seluruh permukaan pesawat akan ditutupi film surya seluas 4.800 meter persegi, sehingga menghasilkan listrik dari sinar matahari di siang hari, dan kelebihannya disimpan dalam sel bahan bakar yang menghasilkan hidrogen melalui elektrolisis.

Pesawat akan didesain sepenuhnya otonom , meskipun tiga pilot akan berada di dalamnya untuk memastikan perjalanan berjalan lancar.



Mereka di antaranya Michel Tognini, mantan astronot Badan Antariksa Eropa dan Dorine Bourneton, pilot aerobatik perempuan penyandang disabilitas pertama.

Menyambut dimulainya proyek ini, Dorine Bourneton menyatakan,”Kita harus memperhatikan kebutuhan dan harapan generasi mendatang. Baik untuk anak-anak kita atau cucu-cucu kita.”
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)