Metuselah Ikan yang Hidup di dalam Akuarium selama 100 Tahun Lebih

Jum'at, 29 September 2023 - 17:05 WIB
loading...
Metuselah Ikan yang Hidup di dalam Akuarium selama 100 Tahun Lebih
Lungfish merupakan spesies paling menarik dan menyimpan banyak misteri . FOTO/ AFP
A A A
SAN FRANCISCO - Seekor lungfish di Amerika Serikat (AS) bernama Methuselah merupakan ikan akuarium tertua di dunia dengan usia yang diyakini mencapai 100 tahun.



Ikan yang dipelihara di Akuarium Steinhart di San Francisco ini dinobatkan sebagai ikan tertua yang dipelihara di penangkaran dan kini diperkirakan berusia antara 92 dan 101 tahun.

Metuselah dilaporkan tiba di AS pada tahun 1938 dengan kapal uap dari Australia bersama 230 ikan lainnya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa Metuselah diyakini berjenis kelamin betina dan merupakan satu-satunya ikan yang masih hidup dari seluruh ikan yang dibawa kapal uap tersebut.

“Metuselah hanyalah seekor ikan kecil pada saat itu, namun terus tumbuh seiring berjalannya waktu dan kehidupan akuarium sepertinya cocok untuknya,''

“Orang-orang yang melihat melalui dinding kaca akuarium sepertinya tidak memberikan tekanan sama sekali, malah mereka sangat manja dan masih suka mengintip kembali pengunjung hingga saat ini,” jelas petugas akuarium tersebut seperti dilansir dari AFP, Jumat (29/9/2023).

Ikan tersebut awalnya diberi gelar tidak resmi sebagai ikan tertua di penangkaran pada tahun 2017 ketika para ahli memperkirakan usianya mencapai 84 tahun, tetapi tes yang lebih baru menunjukkan Metuselah lebih tua dari perkiraan.

Lungfish merupakan spesies paling menarik dan menyimpan banyak misteri karena memiliki beberapa struktur tubuh yang berbeda dibandingkan kebanyakan jenis ikan lainnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)