Tak Suka Makan Daging, Spesies Ikan Piranha Baru Ditemukan

Senin, 17 Juni 2024 - 14:38 WIB
Tak Suka Makan Daging, Spesies Ikan Piranha Baru Ditemukan
Spesies Ikan Piranha Baru. FOTO/ SCIENCE ALERT
LIMA - Iilmuwan menemukan spesies baru ikan mirip piranha di Amazon Brazil dan menamakannya Sauron, terinspirasi dari nama penjahat utama dalam Lord of the Rings.

Ikan ini termasuk dalam genus Myloplus dan tergolong sebagai ikan pemakan tumbuhan, berbeda dengan piranha yang karnivora.

Seperti dilansir dari Science Alert, ciri khasnya adalah tubuhnya yang bulat dengan corak oranye dan hitam di bagian sisinya, menyerupai mata jahat Sauron.

Myloplus sauron ditemukan di Lembah Sungai Xingu, anak sungai Amazon di Brazil. Kawasan ini terkenal dengan keanekaragaman hayatinya, dengan lebih dari 600 spesies ikan, di mana 70 di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Penemuan ini menjadi pengingat bahwa masih banyak spesies yang belum diketahui di Amazon, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami keanekaragaman hayati yang luar biasa di sana.

Nama "Sauron" dipilih karena corak oranye dan hitam di tubuhnya yang menyerupai mata jahat Sauron.
Ikan vegetarian:

Berbeda dengan piranha yang karnivora, Myloplus sauron adalah ikan pemakan tumbuhan dan memiliki gigi yang mirip dengan manusia.

Myloplus sauron hanya ditemukan di Lembah Sungai Xingu, dan populasinya diyakini kecil.
Penting untuk keanekaragaman hayati:

Penemuan Myloplus sauron menunjukkan betapa kayanya keanekaragaman hayati di Amazon, dan masih banyak spesies yang belum diketahui di sana.