Intip Sederet Inovasi Teknologi BRIN, Sagoomie hingga Aeropro Sprayer

Sabtu, 30 September 2023 - 17:40 WIB
loading...
Intip Sederet Inovasi Teknologi BRIN, Sagoomie hingga Aeropro Sprayer
Pengunjung JIExpo dan peserta Rakernas IV PDIP takjub dengan karya dan inovasi teknologi pendukung pertanian dari BRIN. FOTO/DOK. BRIN
A A A
JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi (BRIN) merilis berbagai inovasi dan teknologi pendukung pertanian terbaru. Mulai dari Sagoomie, mie kemasan dari sagu, hingga Aeropro Sprayer, alat serupa drone.

Inovasi dan teknologi pendukung pertanian ini sukses mencuri perhatian banyak orang di ajang Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

"Jadi dalam pameran Pangan Plus ini ada beberapa produk-produk yang dihasilkan oleh BRIN dari pusat-pusat riset maupun organisasi riset yang tergabung dalam BRIN," kata Darwin Kadir, salah satu anggota Kedeputian Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, di arena pameran Pangan Plus.

Produk-produk hasil riset BRIN yang dipamerkan salah satunya Sagoomie, mie kemasan dari sagu. Kemudian, ada Japangi (jahe instan) yang diolah untuk minuman kebugaran.



Makanan olahan lain yang tak kalah menarik adalah Purula. Yaitu flake tabur yang kerap dimanfaatkan sebagai makanan pendamping makanan pokok untuk meningkatkan asupan zat besi harian.

Purula diyakini memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah, sehingga dapat mencegah anemia.

Tak hanya olahan makanan, ada sejumlah teknologi pendukung pertanian yang juga menjadi pusat perhatian. Di antaranya, Inaero, alat canggih yang menyerupai pesawat terbang. Alat tersebut memiliki fungsi membantu mengukur luas lahan, identifikasi jenis tanaman dan berbagai fungsi lainnya.

Selain itu, ada juga Aeropro Sprayer. Alat mirip drone ini memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk penyemprotan pupuk atau pestisida.

Alat lain yang juga dipamerkan adalah AeroAgri. Teknologi canggih ini memiliki fungsi mengukur unsur hara dalam tanah yang dilengkapi anemometer dan arah angin ultrasonic yang lebih presisi. Sehingga, dapat memberikan informasi data yang akurat dan mudah dipahami oleh petani melalui aplikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)