2040, NASA Berencana Bangun Rumah di Bulan

Rabu, 04 Oktober 2023 - 08:56 WIB
loading...
2040, NASA Berencana Bangun Rumah di Bulan
NASA berencana membangun rumah di Bulan pada 2040 yang bisa dimanfaatkan astronot dan masyarakat umum. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - NASA berencana membangun rumah di Bulan pada 2040 yang bisa dimanfaatkan astronot dan masyarakat umum. Pembangunan rumah di Bulan sangat diperlukan karena NASA memiliki misi panjang di satelit Bumi itu.

NASA memang tidak sekadar bicara mengenai rencana membangun rumah di Bulan . Bahkan proyek tersebut sudah berjalan lama agar proses pembangunan rumah di Bulan nanti benar-benar berjalan sesuai rencana.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah mengirim mesin pencetak tiga dimensi ke Bulan. "NASA percaya pada 2040 Amerika Serikat akan memiliki masyarakat pertama yang tinggal di luar angkasa," tulis New York Times dikutip SINDOnews, Rabu (4/10/2023).



Mesin pencetak itu nantinya diharapkan bisa membangun struktur, yang nantinya sebagai tempat tinggal, lapis demi lapis. Dari mana materialnya? "Bangunan itu akan terbuat dari serpihan batu, pecahan mineral dan debu yang berada di lapisan atas bulan," lanjut New York Times.

Niki Werkheiser, Director Technology Maturation NASA mengatakan rencana membangun rumah tersebut memang terkesan seperti khayalan. Hanya saja NASA justru melihat bahwa membangun rumah di Bulan justru adalah hal yang tidak terhindarkan lagi.
2040, NASA Berencana Bangun Rumah di Bulan


Untuk mewujudkan keinginan tersebut NASA sudah mengajak beberapa pihak untuk terlibat dalam misi prestisius itu. NASA memerlukan ilmu dan teknologi lain yang bisa membantu membangun rumah di bulan.

"Semua orang siap untuk mengambil langkah ini bersama-sama, jadi jika kita mengembangkan kemampuan inti kita. Tidak ada alasan hal itu tidak mungkin dilakukan," ujar Niki Werkheiser.



Salah satu pihak yang diajak NASA untuk terlibat dalam pembuatan rumah itu adalah perusahaan konstruksi, ICON. NASA bahkan menggelontorkan dana bantuan agar ICON bisa membuat sebuah sistem konstruksi yang bisa digunakan di luar angkasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)