Tank T-90M Dibekali Amunisi Telnik, Senjata Baru Rusia yang Mengerikan

Rabu, 04 Oktober 2023 - 16:31 WIB
loading...
Tank T-90M Dibekali Amunisi Telnik, Senjata Baru Rusia yang Mengerikan
Rusia telah mengembangkan senjata baru yang mengerikan untuk tank T-90M Proryv, yaitu amunisi Telnik. Foto/Sputnik/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Rusia telah mengembangkan senjata baru yang mengerikan untuk tank T-90M Proryv, yaitu amunisi Telnik. Senjata khusus ini memiliki ciri khas berdaya ledak tinggi sehingga mampu melontarkan banyak pecahan peluru untuk menetralisir personel infanteri.

Komandan Panglima Angkatan Darat Jenderal Oleg Salyukov mengatakan, amunisi khusus Telnik merupakan penemuan baru militer Rusia. Amunisi Telnik punya cara kerja yang khas, setelah ditembakkan dari tank T-90M dan ketika mendekati target akan meledak di udara sehingga banyak melontarkan pecahan peluru.

Kemampuan khas dari amunisi Telnik ini akan menghujani personel infanteri musuh dengan banyak submunisi atau pecahan peluru setelah meledak di udara. Menurut laporan media Rusia, proyektil yang dikenal sebagai 3VOF128 Telnik, ketika meledak menyebarkan 5,4 kg puing dan fragmentasi mematikan.



“Untuk meningkatkan efisiensi melawan pasukan musuh, tank T-90M dilengkapi peluru berdaya ledak tinggi Telnik yang baru. Peluru-peluru ini memiliki submunisi yang sudah jadi dan diprogram untuk meledak di udara pada titik yang telah ditentukan sepanjang lintasannya,” kata Salyukov di surat kabar “Krasnaya Zvezda” dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Rabu (4/10/2023).

Tembakan amunisi Telnik 125 mm ini membawa proyektil tipe fragmentasi, yang dirancang untuk meledak di udara di sepanjang jalur peluncurannya. Potensi kekuatan amunisi 3VoF128 Telnik, dilaporkan 6-8 kali lebih efektif dibandingkan proyektil fragmentasi berdaya ledak tinggi 3OF26 Telnik konvensional.
Tank T-90M Dibekali Amunisi Telnik, Senjata Baru Rusia yang Mengerikan


Salah satu aspek yang mencolok dari ledakan cangkang pecahan peluru amunis Telnik adalah menyebabkan kerusakan fisik dan psikologis. Sifat ledakan yang tiba-tiba dan dahsyat, dikombinasikan dengan lintasan pecahan peluru yang tidak dapat diprediksi, menimbulkan rasa takut, panik, dan kekacauan pasukan infanteri.

Dampak psikologisnya bisa bertahan lama, karena menyebabkan gangguan stres pascatrauma dan masalah kesehatan mental lainnya. Selain itu, kehancuran yang disebabkan oleh amunisi Telnik dari tank T-90M dapat menimbulkan efek demoralisasi personel militer karena kemampuan destruktif yang mengerikan.



Tank T-90M Dibekali Peluru Kendali

Dikenal sebagai salah satu tank canggih Rusia, T-90M Proryv mampu menembakkan berbagai peluru kendali (Rudal), untuk meningkatkan kemampuan tempurnya. Salah satu rudal yang paling sering digunakan adalah rudal anti-tank 9M119 Refleks (AT-Sniper).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)