Foto Ini Ungkap Bagaimana Bintang Dilahirkan di Tata Surya

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 11:42 WIB
Foto Ini Ungkap Bagaimana Bintang Dilahirkan di Tata Surya
Foto Ini Ungkap Bagaimana Bintang Dilahirkan . FOTO/ IFL SCIENCE
LONDON - Foto galaksi yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble digadang-gadang dapat mengungkap misteri kelahiran bintang. Lewat foto ini, para ilmuwan dapat menyelidiki dengan seksama bagaimana bintang terbentuk.

Sebagaimana dilansir dari Space pada Jumat (6/10/2023), foto menangkap bagaimana galaksi Gugus Virgo tampil mengesankan. Dengan warna biru neon dan warna coklat espreso, foto bisa membuat siapapun yang melihatnya terkesima.

Gugus Virgo tampak memiliki lengan spiral bernama NGC 4654 yang berputar-putar, yang terletak sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi. Artinya, apa yang berhasil ditangkap Hubble merupakan keadaan Gugus Virgo pada 55 juta tahun yang lalu.

Ini karena satu tahun cahaya sama dengan waktu yang dibutuhkan cahaya untuk melakukan perjalanan selama satu tahun. Ketika foton galaksi ini akhirnya mencapai Teleskop Luar Angkasa Hubble, observatorium mampu menangkap sumbernya dalam panjang gelombang tampak, ultraviolet, dan bahkan inframerah.

Lebih dari 500 juta tahun yang lalu, menurut pernyataan yang menyertai gambar tersebut, NGC 4654 diyakini telah berinteraksi dengan galaksi lain yang dikenal sebagai NGC 4639, dan galaksi tersebut diperkirakan telah melepaskan sebagian gas di sepanjang tepinya.

Diduga hal itu terjadi akibat tarikan gravitasi NGC 4639. Pada akhirnya, para ilmuwan berpikir interaksi ini membatasi pembentukan bintang di tepi NGC 4654 karena semua gas antarbintang mengandung bagian-bagian yang diperlukan untuk membuat generasi bintang baru.

Itulah mengapa NASA mengatakan mempelajari galaksi menakjubkan seperti yang kita lihat di foto Hubble adalah hal yang penting. Dengan cara ini, para ilmuwan bisa menyelidiki bagaimana bintang terbentuk, termasuk juga Tata Surya.