Perbandingan Rhodium dan Titanium, Logam Tahan Karat yang Beda Kegunaan

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:29 WIB
loading...
Perbandingan Rhodium dan Titanium, Logam Tahan Karat yang Beda Kegunaan
Rhodium memiliki sifat kimia yang sangat stabil dan tahan terhadap korosi, asam, dan basa. Foto/Live Science/Alchemist-hp
A A A
JAKARTA - Rhodium dan titanium merupakan unsur kimia yang punya sifat identik, yakni tahan korosi atau karat. Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan yang mendasar.

Titanium lebih sering digunakan dalam aplikasi pembuatan produk rumah tangga, medis, dan militer. Sedangkan rhodium lebih diperuntukkan sebagai pelapis perhiasan.

Lantas, mengapa demikian? Hal tersebut akan dijawab dalam perbandingan rhodium dan titanium berikut ini.

Perbandingan Rhodium dan Titanium


1. Sifat Kimia dan Kegunaan


Dilansir dari Britannica, rhodium (Rh) adalah logam transisi dalam tabel periodik yang ditemukan dalam kelompok platinum. Logam ini memiliki sifat kimia yang sangat stabil dan tahan terhadap korosi, asam, dan basa.



Hal tersebut membuatnya digunakan dalam industri perhiasan dan sebagai katalis dalam industri kimia. Salah satu penggunaan utama rhodium adalah dalam pelapisan perhiasan, khususnya perhiasan berlian, untuk memberikan kilau dan tahan lama.

Titanium (Ti) adalah logam yang jauh lebih ringan daripada rhodium. Titanium memiliki sifat-sifat yang sangat kuat dan tahan terhadap korosi.

Titanium juga digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk industri penerbangan dan militer karena kekuatannya yang tinggi dan berat yang ringan.

Logam ini juga digunakan dalam pembuatan bahan dan komponen yang harus tahan terhadap suhu tinggi, seperti dalam pembuatan pesawat terbang, implikasi medis (misalnya, implan tulang), dan industri otomotif.

2. Kepadatan


Rhodium memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada titanium. Kepadatannya adalah sekitar 12.4 gram per sentimeter kubik (g/cm³).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3580 seconds (0.1#10.140)