5 Keunggulan Rhodium, Logam yang 10 Kali Lebih Mahal dari Emas

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 22:05 WIB
loading...
5 Keunggulan Rhodium, Logam yang 10 Kali Lebih Mahal dari Emas
Rhodium memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya sebagai logam mulia yang istimewa.(Foto: The Assay)
A A A
JAKARTA - Rhodium memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya sebagai logam mulia yang istimewa. Keberadaannya yang langka juga membuat rhodium memiliki nilai tinggi, bahkan beberapa kali melebihi emas.

Berikut beberapa keunggulan rhodium dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/7/2023).

1. Tahan Terhadap Korosi

Rhodium adalah logam yang memiliki ketahanan yang baik, sehingga tidak akan pudar maupun teroksidasi. Logam ini bahkan kebal terhadap zat korosif seperti klorin dan fluor, yang umumnya mengancam logam berharga lain. Dengan keunggulannya ini, rhodium digunakan di berbagai industri, misalnya konverter katalitik mobil, sektor kimia, produksi kaca, serta sebagai finishing atau pelapis pada perhiasan.


2. Reflektansi Tinggi

Rhodium dikenal sebagai logam yang sangat reflektif. Dengan reflektansi yang tinggi, rhodium sering digunakan sebagai komponen instrumen optik di bidang medis. Selain itu, rhodium adalah logam yang sangat keras dan kuat.

3. Resistansi Listrik yang Rendah

Dibandingkan logam golongan platina lainnya, rhodium memiliki hambatan listrik yang paling rendah. Karena itu, rhodium menjadi pilihan baik saat diaplikasikan sebagai pelapis pada benda memerlukan tingkat konduktivitas listrik tinggi.

4. Hypoallergenic

Keunggulan lain yang dimiliki rhodium adalah logam tersebut bersifat hipoalergenik. Saat digunakan sebagai pelapis pada perhiasan, misalnya, rhodium melindungi mereka yang sensitif terhadap emas, nikel, atau perak.


5. Kuat

Rhodium adalah logam yang kuat. Logam ini tahan terhadap suhu tinggi panas maupun dingin. Titik didih rhodium mencapai 3.695 derajat Celsius (6.663 derajat Fahrenheit), sedangkan titik lelehnya 1.964 derajat Celsius (3.567 derajat Fahrenheit).
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)