Keunikan Blue Parrotfish, Ikan Biru yang Bisa Berganti Kelamin

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 22:42 WIB
loading...
Keunikan Blue Parrotfish, Ikan Biru yang Bisa Berganti Kelamin
Jika Blue Parrotfish jantan mati, Blue Parrotfish betina akan mengalami perubahan jenis kelamin dan berubah menjadi jantan yang agresif dan berwarna lebih cerah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ikan Blue Parrotfish punya fitur unik, yang mungkin sulit ditemukan di ikan lainnya. Yakni, kemampuan untuk berganti kelamin.

Blue Parrotfish berasal dari kelas Actinopterygii, termasuk ikan bersirip pari. Memiliki nama ilmiah Scarus Coeruleus , artinya ikan biru ini banyak ditemukan di terumbu karang Samudera Atlantik Barat dan Laut Karibia.

Blue Parrotfish bisa ditemukan di terumbu karang perairan tropis pada kedalaman 4 meter-25 meter.

Blue Parrotfish bisa mencapai panjang 73 centimeter dengan berat 9 kilogram. Ciri unik yang bisa ditemukan di ikan ini adalah moncongnya. Yakni, berupa rahang dengan gigi menyatu, sehingga tampak seperti paruh. Blue Parrotfish juga memiliki gigi lainnya di tenggorokan atau bisa disebut alat
faring untuk menghancurkan batu keras dan karang yang tertelan.

Blue Parrotfish menghabiskan waktunya sebanyak 80% untuk mencari makan yang terdiri dari karang mati yang dilapisi alga. Mereka menggiling bongkahan karang dengan giginya dan mengambil alga yang menempel dengan gigi yang berada di tenggorokan.

Potongan karang yang tidak tercerna, akan disimpan sebagai pasir dan dibuang. Alhasil, Blue Parrotfish memiliki peran penting dalam pembentukan pantai berpasir, khususnya di Karibia.

Merubah Jenis Kelamin
Keunikan Blue Parrotfish, Ikan Biru yang Bisa Berganti Kelamin

Blue Parrotfish merupakan hewan yang aktif di siang hari dan akan mencari perlindungan di malam hari. Cara mereka melindungi dirinya adalah dengan mengeluarkan lendir yang dapat menutupi baunya, sehingga membuatnya lebih sulit ditemukan. Lendir yang dihasilkan juga memiliki rasa yang pahit.

Keunikan lainnya dari hewan ini adalah Blue Parrotfish jantan dapat mengintensifkan warnanya untuk mencegah ancaman dari hewan lain. Mereka juga bergerak dalam kelompok besar yang dipimpin oleh jantan.

Jika Blue Parrotfish jantan mati, Blue Parrotfish betina akan mengalami perubahan jenis kelamin dan berubah menjadi jantan yang agresif dan berwarna lebih cerah.



Status konservasi Blue Parrotfish masuk dalam kategori Least Concern (LC) atau spesies yang masih banyak jumlahnya oleh IUCN. Terdapat beberapa negara yang telah melarang untuk penangkapan ikan ini. Namun, masih banyak wilayah yang melakukan penangkapan Blue Parrotfishuntukdimakan.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)